Buku Cerita Budak Presiden Washington Ditarik

Apriliana Lloydta Anuraga, CNN Indonesia | Selasa, 19/01/2016 14:10 WIB
Buku Cerita Budak Presiden Washington Ditarik Buku mengenai juru masak Presiden George Washington dianggap tidak cukup memasukkan konteks sejarah perbudakan. (Dok. Scholastic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu perusahaan penerbitan Amerika Serikat mengatakan tidak akan mengedarkan lagi A Birthday Cake for George Washington karena buku cerita bergambar ini tidak cukup memasukkan konteks sejarah perbudakan di negara tersebut.

Keputusan penerbit ini diambil setelah buku yang ditulis oleh Ramin Ganeshram dan digambar oleh Vanessa Brantley-Newton, dikritik karena penggambaran masalah perbudakannya.

CNN mengabarkan, bahwa buku ini berkisah tentang para pembantu George Washington yang mempersiapkan pesta ulang tahun presiden pertama AS tersebut.


Tokoh utamanya adalah seorang budak bernama Hercules yang “merasa bangga karena dia lah yang membuat kue ulang tahun presiden.”

Scholastic, sebagai penerbit buku, mengatakan buku ini tidak memenuhi standar perusahaan terkait upaya memberi informasi untuk anak-anak.

“Meski kami sangat menghormati integritas dan keilmuan pengarang, ilustrator dan editor buku ini, kami memandang bahwa tanpa latar belakang sejarah mengenai keburukan perbudakan yang cukup dalam buku untuk anak-anak berusia muda ini, buku ini bisa memberi kesan salah terkait realita kehidupan para budak. Oleh karena itu buku ini harus ditarik,” kata pernyataan tertulis Scholastic.

Sebelumnya, Scholastic meminta pihak yang mengkhawatirkan buku ini agar membaca pernyataan dari pengarang dan editor buku tersebut.

Ganeshram, misalnya, membela buku ini melalui situs web Children’s Book Council Diversity, dengan mengatakan bahwa buku ini bercerita mengenai Hercules, seorang tokoh nyata.

“Dia [Hercules] adalah pria yang terkenal dengan kemampuannya; seorang pria yang dihormati oleh Presiden Washington, pria yang hidup dengan kebanggaan dan kehormatan,” tulisnya.

“Saya mengetahui ini berdasarkan penelitian selama empat tahun di mana saya dibantu oleh sejumlah ahli sejarah….”

Penerbit buku ini memutuskan akan menerima pengembalian buku tersebut dari konsumen yang sudah telanjur membelinya.

(Sumber: https://money.cnn.com/2016/01/18/media/scholastic-birthday-cake-george-washington) (yns)