Kisah di Balik Poster 'Ada Apa dengan Cinta'

Fadli Adzani | CNN Indonesia
Senin, 15 Feb 2016 22:05 WIB
Ternyata ada kisah tersendiri yang melatari pembuatan poster film Ada Apa dengan Cinta pertama dan sekuelnya. Poster film Ada Apa dengan Cinta (CNN Indonesia Free Watermarks/Dok. Miles)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak awal tahun ini, poster sekuel Ada Apa dengan Cinta (AADC) sudah menghiasi lobi bioskop-bioskop. Grafisnya masih diramaikan sapuan warna pelangi, seperti poster film perdananya yang disutradarai Rudy Soedjarwo.

Sejak awal, poster AADC (2002) memang sangat khas. Wajah Rangga (Nicholas Saputra) menatap ke samping, Cinta (Dian Sastrowordoyo) menatap ke depan. Kini, poster AADC 2 menampilkan Rangga saja, menghadap ke depan.

Ternyata ada kisah tersendiri yang melatari pembuatan poster film AADC pertama dan sekuelnya, termasuk tatapan dingin Rangga dan Cinta, serta warna-warni yang menyelimuti wajah keduanya.


Hal itu dikemukakan oleh Mira Lesmana, selaku produser AADC, kepada awak media massa di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, pada Senin (15/2).

"Menurut saya, poster itu adalah sebuah identitas dari AADC. Tanpa harus menjelaskan apa poster itu, pasti masyarakat sudah tahu bahwa itu adalah AADC," ujar Mira.

"Konsepnya kan percintaan remaja, kisah persahabatan Cinta yang menggambarkan hidup itu penuh dengan warna yang tentu saja bisa bermacam-macam," ia melanjutkan.

Lalu, bagaimana dengan AADC 2?

Rangga dan Cinta sudah beranjak dewasa. Keduanya sudah lulus SMA, mungkin juga tamat perguruan tinggi. Lantas, apa makna warna-warna tersebut?

"Untuk AADC 2 konsep posternya masih sama, warna-warna itu menggambarkan hidup dan bentuk yang berbeda, hal itu menggambarkan kehidupan yang dialami Rangga dan Cinta setelah 14 tahun sudah dilalui," ia menjelaskan.

Soal pose Rangga di poster AADC pertama (menghadap ke samping) yang berbeda dengan poster AADC ke-dua (menghadap ke depan), Mira tak bisa membeberkan apa artinya.

Pasalnya, gestur tersebut dapat menjelaskan arti dan jalan cerita AADC ke-dua. Maka dari itu, ia urung membahas masalah tersebut.

"Nonton saja nanti filmnya, ya. Hahaha."

AADC 2 bakal tayang di bioskop, pada 28 April 2016 mendatang. (fad/vga)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER