Momen Manis Nh Dini

CNN Indonesia Free Watermarks, CNN Indonesia | Sabtu, 27/02/2016 17:40 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sedari muda hingga kini berusia 80 tahun, senyum manis selalu menghiasi wajah Nh Dini, sang pengarang legendaris.

Lahir pada 29 Februari 1936, pengarang terkenal Nh Dini diberkahi kehidupan menyenangkan dan ide-ide cemerlang—khas orang-orang yang lahir pada Tahun Kabisat. Tak heran bila bibirnya senantiasa menyungging senyum.
Bagaimana tidak menyenangkan jika sepanjang hidupnya Nh Dini kerap melanglang dunia, mengikuti tugas suami, Yves Coffin, yang seorang Diplomat Perancis. Saat tinggal di Phnom Penh, Kamboja, ia kerap bercengkeram dengan kucing kesayangan.
Kehidupan nomad Nh Dini sebagai istri Konsul Perancis terangkum dalam bukunya: Jepun Negerinya Hiroko, Dari Parangakik ke Kampuchea, Dari Fontenay sampai Magallianes, La Grande Borne, dan Argenteuil: Hidup Memisahkan Diri.
Senyum bahagia Nh Dini bersama keluarga: Yves Coffin (suami), Marie Claire Lintang Coffin (putri sulung) dan Pierre Louis Padang Coffin (putra bungsu). Kini, Lintang (55 tahun) dan Padang (49 tahun) masing-masing menetap di Kanada dan Perancis.
Lintang dan Padang mewarisi senyum manis sang ibunda, Nh Dini. Kini, Lintang berprofesi sebagai pendidik, juga instruktur yoga/pilates dan cycling. Padang dikenal sebagai sutradara Hollywood, otak di balik film animasi Despicable Me 1 dan 2, juga Minions.
Salah satu karya Nh Dini yang paling mashyur: novel Pada Sebuah Kapal. Berkisah tentang Sri yang berselingkuh dengan Michel, kapten kapal dalam sebuah pelayaran antarnegara. Tema perselingkuhan di novel ini membuat sang pengarang dicap cabul.
Nh Dini berkerabat dengan Edi Sedyawati, budayawan dan arkeolog. Saudara sepupu ini meraih penghargaan internasional: Dini meraih SEA Write Award dari Pemerintah Thailand dan Edi mendapat Bintang Chevalier des Arts et Letters dari Pemerintah Perancis.
Si sulung Marie Claire Lintang Coffin-Simonetti memberikan dua cucu untuk Nh Dini, Gabriel (24 tahun) dan Sébastien (21 tahun). Dua tahun lalu, Nh Dini berlibur bersama keluarga Lintang di Bali. Lintang selalu merindukan derai tawa ibunya.
Nh Dini lahir dan menghabiskan masa kecil hingga remaja di rumah di Jalan Sekayu, Semarang. Rumah yang sekarang ditempati kakak sulung Dini, Heratih, ini menjadi inspirasi cerita Sekayu dan Sebuah Lorong di Kotaku di serial Cerita Kenangan.
Pada 29 Februari 2016, Nh Dini merayakan ulang tahun ke-80 di Semarang, Jawa Tengah. Sekalipun telah lanjut usia, ia masih aktif menulis—kini dengan komputer. Senyum ceria pun tetap menghiasi wajahnya, mengimbangi watak keras.