Dua Tahun Berturut-turut Alejandro Jadi Sutradara Terbaik

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 29/02/2016 11:53 WIB
Dua Tahun Berturut-turut Alejandro Jadi Sutradara Terbaik Alejandro Inarritu kembali menjadi Sutradara Terbaik. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ini kali ke-dua Alejandro J. Inarritu naik ke atas panggung Oscar dengan penuh kebanggaan. Tahun lalu, ia memenangi Sutradara Terbaik untuk Birdman. Tahun ini, ia lagi-lagi menjadi Sutradara Terbaik lewat film yang cukup fenomenal, The Revenant.

Sean Penn sampai menjulukinya, "Siapa yang memberi kartu hijau untuk pria ini?" Sebab filmnya Birdman tahun lalu juga memenangi Film Terbaik.

Menyambut pialanya untuk Sutradara Terbaik, kalimat pertama yang terlontar dari mulutnya adalah: "Gracias!" Ia masih tak percaya mendapatkan penghargaan seperti tahun lalu. Ia selalu menganggap pialanya indah dari tahun ke tahun.


Untuk itu, ia berterima kasih kepada semua kru yang membantu mewujudkan syuting film di tengah hutan di pegunungan Kanada itu. Terutama untuk sang bintang utama, Leonardo DiCaprio. Inarritu menyampaikan pesannya langsung kepada Leo.

"Kau lah The Revenant. Terima kasih telah memberikan setiap jiwamu. Jiwamu, nyawamu," ucap Inarritu disambut tepuk tangan. Ia juga berterima kasih kepada orang asli Amerika: Indian.

Inarritu mengungkapkan, ia merasa beruntung bisa berada di Oscar malam itu. Ia prihatin pada selebriti-selebriti yang tak bisa hadir, apalagi mereka yang memutuskan tak mau hadir karena alasan kurangnya keberagaman dalam Academy Awards.

"Dalam film saya ada salah satu dialog yang diucapkan Hugh Glass, 'Mereka tidak mendengarmu atau mengikuti warna kulitmu.' Kita punya kesempatan di generasi sekarang untuk tidak bicara soal warna kulit," tuturnya memberi opini, tak peduli pada lagu pertanda pidatonya harus berakhir.

Ia tentu menyindir pihak-pihak yang masih saja mempermasalahkan warna kulit, bahkan di era masa kini di mana seharusnya orang bicara soal karya. (rsa/rsa)