Kylie Jenner Patenkan Namanya untuk Merek Dagang

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Selasa, 01/03/2016 13:55 WIB
Kylie Jenner Patenkan Namanya untuk Merek Dagang Kylie Jenner (CNN Indonesia/ Jason Merritt/Getty Images for InStyle)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak sedikit bintang bernama depan Kylie. Sebut saja penyanyi asal Australia Kylie Minougue, juga karakter kartun South Park, Kyle Broflovski, serta bintang televisi Kylie Jenner.

Entah gerah lantaran namanya "pasaran" atau ingin eksklusif, makanya Kylie Jenner ingin mematenkan nama "Kylie"-nya sebagai merek dagang. Demikian dilansir Forbes, kemarin (29/2).

Tentu saja keinginan adik kandung Kendall Jenner ini mengundang masalah, terutama di kalangan orang yang  bernama depan Kyle. Mereka jelas-jelas menentang keinginan Kylie Jenner.


Kylie Minogue mengajukan keberatan atas permintaan merek dagang yang diajukan dari anggota klan Jenner tersebut. Sebab sang biduan telah puluhan tahun menggunakan nama Kylie.

Melalui pengacaranya di Amerika, Kylie Minogue melaporkan adanya “prioritas dan potensi terjadi kebingungan," "pelemahan dan pengaburan" serta "pelemahan yang menjatuhkan.'

Dengan adanya keberatan dari Kylie Minogue, dan mungin pihak-pihak lain, maka Kylie Jenner bakal kesulitan mendapatkan keinginan untuk mematenkan nama “Kylie” sebagai merek dagang.

Kylie Minogue sudah lebih dulu menggunakan nama “Kylie” untuk karya di bidang pendidikan dan hiburan, termasuk rekaman video, musik, konser, aksesoris telepon, gelang, dan lain-lan.

Kylie Minogue telah membuat “trademark” dengan nama depannya, yang membuat pertarungan pematenan nama ini menjadi sengit, sekaligus melemahkan posisi Kylie Jenner.

Putri bungsu Kris Jenner dan Bruce (Caitlyn) Jenner ini telah menjadi model beberapa merek  terkenal. Bersama Kendall Jenner, namanya masuk dalam daftar Forbes sebagai model berpenghasilan tertinggi, mencapai US$4 juta.

Sekalipun masih muda, 18 tahun, sepak terjang Kylie Jenner di bidang bisnis terbilang lumayan. Baru-baru ini, si adik tiri Kim Kardashian meluncurkan lini busana Kendall+Kylie. Ia juga meluncurkan aneka produk dari buku hingga cat kuku. 

Satu hal yang membuat Kylie Jenner pede mematenkan namanya: kini ia jauh lebih popular dibanding Kylie Minogue yang hanya punya segelintir lagu hits di Amerika Serikat.

Kylie Minogue pernah berjaya dengan lagu Loco-Motion (1989) dan Can’t Get You Out of My Head (2001) yang masuk sepuluh besar lagu terpopuler di Negeri Paman Sam.

Kylie tak gentar sekalipun banyak solois wanita yang pede menggunakan satu nama, seperti Adele, Madonna, atau Cher. Lagipula urusan mematenkan nama memang tak mudah.

Sulit baginya untuk membuktikan pada banyak orang di dunia, jika dirinya dikenal hanya dengan satu nama, sementara banyak orang yang tidak tahu tentang hal itu.



(vga/vga)