'Soundbreaking,' Bukti Cinta George Martin pada Musik

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Rabu, 16/03/2016 09:56 WIB
'Soundbreaking,' Bukti Cinta George Martin pada Musik Dalam cuplikan serial dokumenter buatan Martin, terlihat sosok Paul McCartney, Tom Petty, Dave Grohl, Questlove, Bon Iver, Beck, hingga BB King. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuplikan dari serial dokumenter delapan bagian yang dibuat oleh produser musik George Martin semasa hidup akhirnya tersiar di situs web YouTube.

Serial dokumenter berjudul Soundbreaking: Stories From the Cutting Edge of Recorded Music itu dibuat Martin bersama sang anak, Giles, selama lima tahun, sebelum akhirnya ia meninggal dunia pada Rabu (9/3).

Disutradarai dan diproduseri oleh Jeff Dupre dan Maro Chermayeff, dalam serial ini Martin mengumpulkan sekitar 150 musisi untuk berkisah mengenai pembuatan lagu-lagu hits mereka.


Dalam cuplikannya, terlihat sosok Paul McCartney, Tom Petty, Dave Grohl, Questlove, Bon Iver, Beck, hingga BB King. Joni Mitchell dan Debbie Harry pun ikut buka suara dalam serial tersebut.

"Soundbreaking memberikan saya kesempatan untuk mengetahui kisah di balik layar pembuatan lagu-lagu populer dari musisi dan produser kenamaan yang saya kenal," kata Martin dalam keterangan resmi, sebelum menutup mata.

Dua episode pertama serial dokumenter ini akan ditayangkan di Festival SXSW 2016 di Texas, Amerika Serikat.

Martin meninggal dunia di usianya yang ke-90 tahun.

Berita ini datang setelah Ringo Starr, penabuh drum The Beatles, menyampaikan rasa dukanya kepada keluarga dan istri Martin, Judy Lockhhart-Smith, melalui akun Twitter-nya.

"Tuhan memberkati George Martin, saya berikan rasa damai dan cinta kepada Judy dan keluarganya. Ia akan sangat dirindukan," tulis Starr.

Sambil mengunggah foto keempat personel The Beatles yang sedang berpose bersama Martin, Starr mengatakan, "Terima kasih atas semua cinta dan kebaikanmu, George. Rasa damai dan cinta selalu."

Jasa dan kerja keras Martin untuk mengorbitkan nama The Beatles pada 1962 silam membuatnya kerap disebut sebagai anggota ke-lima dari grup musik fenomenal tersebut.

[Gambas:Youtube] (ard/vga)