'Sides,' Simbol Kedewasaan Afgan dalam Bermusik

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Minggu, 24/04/2016 10:45 WIB
'Sides,' Simbol Kedewasaan Afgan dalam Bermusik Afgansyah Reza (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Asf/ama/15)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa pekan lagi, album musik ke-empat Afgansyah Reza berjudul Sides akan dirilis di pasaran, demi memenuhi kerinduan para penggemar setianya.

Sang penyanyi mengklaim Sides sebagai album yang lebih dewasa dibanding sebelumnya. Kedewasaan antara lain tergambar lewat perubahan genre musik, penulisan lagu hingga artis kolaborator yang terlibat.

“Sekarang lagi menyelesaikan album ke-empat yang keluarnya minggu ke-tiga bulan Mei untuk pre-order. Di album [Sides] ini, saya terjun sedetail-detailnya, lebih dewasa secara bermusik, song writing, dan bernyanyinya semua berbeda,” kata pria yang akrab disapa Afgan ini saat bertemu awak media di Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.


Sides menjadi gebrakan baru bagi Afgan, karena sesuai judulnya, album ini menunjukkan sisi-sisi lain yang belum pernah diperlihatkan, di antaranya perubahan genre musik. Kali ini, Afgan menggunakan “akar” musiknya, R&B dan blues.

“Album Sides ini lebih ke akar saya yaitu R&B, ada blues, electronic dance, juga ada orchestra rekaman sama om Erwin Gutawa di Praha,” katanya.

Afgan menjanjikan, Sides akan menunjukkan jati diri yang sebenarnya dalam bermusik. Dengan kata lain, ia siap membuktikan bahwa musiknya tidak melulu tentang kegalauan, mellow atau percintaan. Lebih dari itu, musiknya akan bertema luas tentang kehidupan.

“Di album ini saya lebih diverse, enggak melulu tentang cinta, ada lagu tentang Tuhan, tentang rasa syukur dan tentang motivasi diri. Karena saya ingin buat lagu yang enggak cuma bikin orang jadi galau, tapi semangat atau bisa positif menghadapi apa pun ujian hidup,” katanya.

Seperti lagu berjudul Berani Sadari yang diharapkan bisa menyemangati pendengar setianya, karena mencerminkan motivasi hidup untuk berani menyadari pentingnya menjadi diri sendiri. Ada juga lagu yang memberikan semangat positif untuk selalu bersyukur, Brand New Day.

Brand New Day jadi lagu di mana kita kayak merasa ketika kita bersyukur. Itu seperti berada di hari yang baru, hari yang lebih baik,” katanya

Dalam proses pemilihan single perdana, Afgan juga mengaku sempat merasa kesulitan memilih karena, menurut dia, semua lagunya bagus. Akhirnya Afgan memilih lagu berjudul Kunci Hati yang dibawakan secara berduet dengan penyanyi Rossa. Lagu ini bakal dinyanyikan untuk pertama kali di tur konsernya, mulai 14 Mei 2016 di The Trans Luxury Hotel di Bandung.

“Ada satu lagu yang cocok jadi lagu pembuka," kata Afgan. "Berjudul Kunci Hati, lagu itu saya menulis sendiri, lagunya akan menyenangkan, lebih minimalis dan simpel serasa jalan-jalan di sore hari.

Afgan berharap, lagu-lagu yang terangkum dalam Sides akan menjadi album sebagaimana dicita-citakan sedari dulu: bisa dinyanyikan sepenuh hati sesuai jati diri musiknya.

“Saya memang dari dulu punya cita-cita buat album yang seperti ini, dari tiga album kemarin sebenarnya saya bangga banget. Tapi kalau dibilang bener-benar Afgan, sih belum.” (vga/vga)