Setelah 27 Tahun, NWA Kembali Tampil Bersama di Coachella

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Selasa, 26/04/2016 04:23 WIB
Setelah 27 Tahun, NWA Kembali Tampil Bersama di Coachella Dr. Dre, salah satu personel N.W.A. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok musik hip hop NWA membuktikan kalau mereka masih tetap eksis setelah tampil di panggung festival musik Coachella 2016 pada Sabtu (23/4).

Setelah 27 tahun, Dr. Dre, Ice Cube, MC Ren dan DJ Yella, kembali tampil bersama, meski tidak membawakan lagu-lagu NWA.

Dikutip dari NME, sejumlah lagu yang dibawakan antara lain Still Dre, milik Dr. Dre dan California Love, milik 2Pac.


Tidak hanya empat anggota yang tersisa, panggung NWA malam itu juga dimeriahkan oleh Kendrick Lamar yang membawakan lagu Alright.

"Sungguh kehormatan bagi saya bisa tampil bersama NWA. Penampilan saya didedikasikan untuk mendiang Prince," kata Lamar.

Awal bulan ini, NWA dianugerahi penghargaan Rock and Roll Hall of Fame.

Pemberian penghargaan kepada NWA itu dikritik oleh pentolan band Kiss, Gene Simmons.

Menurut Simmons, NWA bukanlah kelompok musik rock yang patut diberi penghargaan.

"Tolong beri tahu saya jika Jimi Hendrix telah diberi penghargaan Hip Hop Hall of Fame," tulis Simmons dalam cuitan di Twitter.

Ice Cube lalu membalas perkataan Simmons juga melalui Twitter.

"Kami, musisi kulit hitam, menciptakan musik soul yang kemudian berevolusi menjadi rock and roll. Kalian semua hanya menjiplaknya," tulis Cube.

Selain Cube, Coachella 2016 juga menampilkan The 1975, Chvrches, Ellie Goulding, Lush, Bat For Lashes, Savages, Skepta, AlunaGeorge, Underworld, Hudson Mohawke, The Kills, Sufjan Stevens, M83, Grimes, Run the Jewels, Courtney Barnett, Foals, Disclosure, Sia, Major Lazer dan The Kills.

NWA yang dibentuk di Compton, California, Amerika Serikat, pada 1986, pernah berjaya antara lain lewat album Straight Outta Compton (1988) dan Niggaz4Life (1991).

Sekalipun kemudian NWA membubarkan diri, pada 1991, masing-masing personelnya, Arabian Prince, DJ Yella, Dr. Dre, Eazy-E, Ice Cube, dan MC Ren, tetap eksis. Terutama Ice Cube, sebagai musisi dan aktor.

Pada medio Agustus lalu, sutradara F. Gary Gray merilis biopik Straight Outta Compton (2015) yang sebagaimana karier NWA juga diliputi sejumlah kontroversi, meskipun menangguk keuntungan US$111,5 juta.

NWA alias Niggaz wit’ Attitude sempat menimbulkan kontroversi karena dianggap menutup perilaku anggota kelompok ini terhadap kaum perempuan.

Kritikan itu memaksa Dr. Dre meminta maaf atas perilakunya semasa lalu. (ard)