Ikatan Geng Cinta Tak Terbatas 'AADC' Semata

Muhammad Andika Putra, CNN Indonesia | Kamis, 28/04/2016 15:00 WIB
Ikatan Geng Cinta Tak Terbatas 'AADC' Semata Persahabatan Geng Cinta terbawa ke dunia nyata. (Dok. Miles)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persahabatan lima remaja dalam Ada Apa dengan Cinta? (AADC) yang rilis 2002 silam, terlihat sangat kental di dalam film. Masih ingat bagaimana Maura (Titi Kamal), Karmen (Adinia Wirasti), Milly (Sissy Prescillia), dan Alya (Ladya Cheryl) selalu berada di samping Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang sering galau.

Sebaliknya saat Alya sedih karena ibunya mengalami kekerasan dalam rumah tangga, giliran Cinta, Maura, Karmen, dan Milly yang menghibur sahabat mereka di kamar Cinta dengan berjoget gila-gilaan dilatari lagu Di Mana Malumu karya Melly Goeslaw.

Setelah 14 tahun berlalu, saat Miles Film membuat sekuel bertajuk AADC 2, persahabatan itu masih melekat. Meski di film yang tayang mulai hari ini, Kamis (28/4) itu Ladya tidak akan kembali bergabung dan sosok Alya ditiadakan, geng Cinta tetap terasa hidup.


Dian mengakui, persahabatan mereka memang tidak terbatas di layar lebar. Tawa mereka tidak selesai saat sutradara berkata "cut." Persahabatan berlanjut meski 2002 telah berlalu. Kata Dian, ia juga dekat dengan Titi, Asti, Sissy, dan Ladya di dunia nyata.

"Chemistry kita enggak usah dijaga-jaga amat, tetap saja ada," kata Dian baru-baru ini..

Asti menambahkan, ketika mereka bertemu lagi, rasa persahabatan itu timbul dengan sendirinya di lokasi syuting. Terkadang memang orang terdekat masing-masing mengunjungi mereka di lokasi. Saat itu, jelas ke-empat sahabat harus berpisah. Namun setelahnya, mereka tetap jadi satu lagi.

"Kalau ada keluarga yang datang ya kita pisah, tapi pas ketemu berempat ya campur lagi."

Kekompakan mereka tidak diduga oleh Sissy. Saat menonton filmnya, ia sendiri tak menyangka dirinya dan Cinta, Asti, serta Titi bisa sedekat itu. Bahkan di dunia nyata sekali pun, mereka tetap memanggil satu sama lain dengan nama karakter di film. Mereka juga hafal sifat satu sama lain.

Titi misalnya, yang mendadak sempat menitikkan air mata di tengah konferensi pers. Asti dengan sigap menjelaskan bahwa sifat dari istri Christian Sugiono itu memang sensitif. "Makanya suka nangis tiba-tiba. Kadang pernah kita lagi ketawa, dia nangis."

Penjelasan Asti itu dibenarkan Titi. Ia berkata, dirinya memang punya sifat unik. Ia sering menangis tanpa sebab dan akibat. "Aku terharu, senang banget dan enggak menyangka dengan semua ini," kata Titi. (rsa/rsa)