'The Blackfish Effect' Kembali Sentil Pengusik Paus Orca

Munaya Nasiri, CNN Indonesia | Jumat, 01/07/2016 13:34 WIB
'The Blackfish Effect' Kembali Sentil Pengusik Paus Orca Ilustrasi. (Pixabay/Schmid-Reportagen)
Jakarta, CNN Indonesia -- Blackfish ialah sebuah film dokumenter Amerika garapan Gabriela Cowperthwaite yang berkisah mengenai Tilikum, seekor Paus Orca di SeaWorld Orlando, yang pernah menewaskan tiga orang, termasuk sang pelatih, Dawn Brancheau, pada 2010.

Film Blackfish telah dirilis tiga setengah tahun yang lalu. Rupanya, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang tertarik dengan Tilikum.

Dikutip dari The Hollywood Reporter pada kamis (1/6), untuk merayakan tiga setengah tahun rilisnya film garapan Jeff Beal itu, film Blackfish akan kembali ditayangkan.


Dalam rangka perayaan, Beal membuat film pendek yang kali ini bertajuk The Blackfish Effect.

Film tersebut direncanakan akan ditayangkan secara perdana, setelah penayangan khusus di Montalban Theater di Hollywood, Los Angeles pada Jumat (1/7).

Tidak hanya film, penayangan khusus yang diberi tajuk Blackfish: Live itu juga akan menampilkan orkestra yang aransemennya digubah oleh Beal.

Pun akan ada beberapa pelatih dari SeaWorld untuk berdiskusi soal jalan cerita film dengan penonton.

Film Blackfish dirilis di festival film Sundance pada 2013, lalu hak ciptanya dibeli oleh Magnolia Pictures dan CNN.

Kehadiran film itu ternyata sempat membuat pendapatan SeaWorld anjlok sebesar 84 persen, akibat citra mereka yang dianggap buruk oleh publik.

Ditambah lagi dengan kecaman dari aktivis Orca Welfare and Safety Act, Richard Bloom.

Tercatat, keuntungan mereka merosot, dari US$37,4 juta (Rp492 miliar) pada 2014, menjadi US$5,8 juta (Rp76 miliar) pada 2015.

Demi mengatasi hal tersebut, pihak SeaWorld pun mengumumkan penutupan program pertunjukan Paus Orca pada akhir Maret 2016.

Tidak hanya Blackfish saja yang menggambarkan terancamnya kehidupan laut dalam film.

Film Paper Towns (2015) dan Finding Dory (2016) juga sempat menyentil mengenai kepedulian manusia terhadap laut.

Awalnya, akhir dari film Finding Dory akan berkisah mengenai beberapa karakter binatang laut yang tinggal di penangkaran.

Namun, setelah petinggi Pixar melihat film Blackfish, akhir film tersebut diubah dengan kisah membebaskan binatang laut ke asalnya.

(ard/ard)