Tarian Ramayana Meriahkan Lebaran di Prambanan

Antara, CNN Indonesia | Senin, 04/07/2016 14:00 WIB
Tarian Ramayana Meriahkan Lebaran di Prambanan Akan ada tarian-tarian penghibur libur Lebaran di Prambanan. (Thinkstock/wrangel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berkunjung ke Yogyakarta selama libur Lebaran tidak akan membosankan. Sebab akan ada pagelaran Open Air Theater Pentas Sendratari Ramayana "Full Story" di Jalan Solo Kilometer 15, Prambanan, Slemen, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pagelaran itu diadakan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko selama masa Lebaran 2016. Seperti dikutip dari kantor berita Antara, pentas itu akan diselenggarakan selama 12 kali mulai hari ini, Senin (4/7).

Hingga 16 Juli mendatang, disesuaikan dengan masa libur Lebaran, Sendratari Ramayana "Full Story" akan mengentak Prambanan sejak pukul 19.30 WIB hingga 21.30 WIB. Itu untuk menghibur para pemudik atau pelancong yang ke Yogyakarta.


Selain itu, Sekretaris Perusahaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Pujo Suwarno menambahkan, akan ada pula "Extra Show" di Plaza Trimurti selama empat malam berturut-turut, sejak 7 hingga 10 Juli mendatang.

"Para penari ini merupakan bimbingan Unit Teater dan Pentas program CSR PT TWC di bidang seni tari pertunjukan. Ini bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan, agar mereka maju dan berkembang," kata Pujo menerangkan.

Ia yakin itu bisa menjadi alternatif bagi para wisatawan yang biasanya hanya berkeliling di sekitar candi. "Selain berwisata di Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, para pemudik pada malam harinya bisa menikmati keindahan warisan seni budaya dalam bentuk pementasan Sendratari Ramayana ini," katanya.

Selama libur Lebaran 2016, pengelola tiga candi di Yogyakarta itu menargetkan pengunjung sebanyak 358.500 orang. Puncak kunjungan wisatawan di Borobudur diprediksi Direktur Operasional PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Retno Hardiasiwi terjadi pada 8-9 Juli.

Bukan hanya tari-tarian Ramayana yang akan ditampilkan. Lingkungan candi juga menyuguhkan atraksi punokawan, panggung dongeng, cokean, siteran, wayang Kulit, keroncong, Sendratari Kidung Karmawibangga, barongsai, dan lainnya.

Soal keamanan, pengelola sudah bersiap. Retno mengatakan, selama libur Lebaran pihaknya akan melibatkan keamanan internal dan bekerja sama dengan Polres Magelang. Ada 19 CCTV di kompleks Candi Borobudur yang terkoneksi Polres Magelang. (rsa/rsa)