'Kekasih Superman' Meninggal dalam Usia 95 Tahun

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 05/07/2016 12:04 WIB
'Kekasih Superman' Meninggal dalam Usia 95 Tahun Noel Neill pemeran Lois Lane meninggal dunia. (REUTERS/Gus Ruelas/File Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Superman boleh berganti aktor dari masa ke masa. Terakhir, ia dimainkan Henry Cavill, dalam Man of Steel dan Batman v Superman: The Dawn of Justice.

Tapi tokoh-tokoh utama dalam film tentang 'anak matahari' itu selalu tetap. Selain Clark Kent sebagai Superman, ada pula Lois Lane. Rekan Kent sesama reporter sekaligus kekasih dan cinta sejatinya.

Terakhir, Lane diperankan Amy Adams.


Tapi dalam serial Superman yang tayang di televisi sejak 1948, Lane diperankan Noel Neill. Seorang putri jurnalis yang lahir di Minneapolis, 25 November 1920. Neill baru saja dikabarkan meninggal di Arizona, Minggu (3/7) lalu.

Ia meninggal dalam usia 95 tahun. Dikabarkan Reuters, kabar meninggalnya disampaikan Jim Nolt, pemilik situs "The Adventures Continue" yang diperuntukkan bagi serial tahun 1950-an itu.

Neill meninggal setelah cukup lama sakit.

Ia pernah bergabung selama 15 episode bersama Superman, dalam serial yang diproduksi Columbia Pictures. Kariernya tidak terlalu bercahaya sebelum itu. Ia mengisi peran-peran kecil film pada 1940-an.

Superman lah yang akhirnya melambungkan karier perempuan yang masuk ke dunia hiburan sebagai penyanyi restoran itu. Dalam Superman, ia beradu akting dengan Kirk Alyn sebagai pahlawan super.

Keduanya kembali berpasangan dalam Superman and the Mole Men. Tapi saat serial lain berjudul Adventures of Superman diadaptasi ke layar kaca, baik Neill maupun Alyn tak bergabung lagi.

Neill sempat kembali menjadi Lane saat Phyllis Coates meninggalkan posisi itu setelah satu sesi.

Ia lantas menjadi salah satu bintang televisi paling dikenal masa itu. Serialnya pun banyak dijadikan favorit anak maupun remaja di Amerika Serikat.

Neill juga sempat muncul di beberapa film Superman. Di film yang dibikin Christopher Reeve pada 1978 misalnya, ia menjadi kameo, sebagai ibu dari Lane kala itu. Ia juga muncul di Superman Returns yang rilis pada 2006, bersama Jack Larson.

Bisa dibilang Neill merupakan Lane yang paling dikenal. Ia lah yang menjadi model dari patung Lane di Metropolis, Illinois. Di kampung halaman Superman itu ia memegang pena dan buku catatan. (rsa/rsa)