J.J. Abrams Nyaris 'Membunuh' Chekov di 'Star Trek'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Kamis, 21/07/2016 19:08 WIB
J.J. Abrams Nyaris 'Membunuh' Chekov di 'Star Trek' Anton Yelchin takkan diganti aktor lain sebagai Chekov. (REUTERS/Tony Gentile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak butuh waktu lama bagi Paramount Pictures untuk mengumumkan kelanjutan Star Trek. Bahkan sebelum film terbarunya Star Trek Beyond tayang di Amerika Serikat, produser J.J. Abrams sudah mengumumkan Star Trek 4 akan segera digarap.

Namun ada satu yang pertanyaan penting yang menggelayut di benak penggemar. Bagaimana nasib Pavel Chekov di kalangan USS Enterprise, peran yang selama ini dimainkan Anton Yelchin?

Seperti Paul Walker dalam seri waralaba Fast & Furious, ia tak mungkin bisa melanjutkan berakting di film sebelumnya. Yelchin meninggal bulan lalu dalam kecelakaan mobil, persis nasib yang menimpa Walker, pemeran karakter Brian O'Coner.


Abrams baru saja mengonfirmasi, tim produksi tidak akan mencari lagi pemeran baru untuk karakter itu. Ia menuturkan, pertimbangan soal itu sudah menjadi perbincangan pertama saat timnya membicarakan kelanjutan Star Trek Beyond.

"Saya berkata tidak akan menggantikan dia," ujar sutradara Star Wars: The Force Awakens itu tegas. Ia melanjutkan, "Tidak akan ada casting ulang. Saya tidak mungkin bisa membayangkan itu, dan saya pikir Anton layak mendapatkan yang lebih baik."

Meski begitu, Abrams sendiri belum yakin akan diapakan karakter itu di film selanjutnya. Sebab Yelchin baru meninggal setelah Star Trek Beyond selesai. Artinya, perannya masih utuh di dalam film, karena ia ikut proses produksi secara penuh.

Berbeda dengan Walker yang meninggal di tengah pembuatan film Furious 7. Maka tim produksi film itu bisa menggantikannya dengan sang adik, ditambah bantuan efek CGI. Film pun dibuat berakhir dengan haru untuk menghormati Walker.

Di Star Trek Beyond, penghormatan untuk Yelchin hanya ditambahkan melalui tulisan di akhir film.

Nasib Yelchin di Star Trek 4 ada di tangan tim produksi. Abrams bisa saja 'membunuhnya' di film selanjutnya, atau memberi cerita lain. Ia berkata, "Saya sudah berpikir soal itu. Kami sedang mengerjakannya. Terlalu dini bicara tentang itu."

Ia ingat, cerita yang sama juga pernah terjadi pada 2015. Tahun lalu, Leonard Nimoy sang pemeran Spock di serial film orisinal Star Trek meninggal dunia. Saat itu, Star Trek Beyond sedang dalam masa pra-produksi. Tim pun sempat 'terganggu.'

"Kami tahu menggarap film ini akan menyakitkan hati, karena Leonard. Kami tak tahu akan seperti apa momen-momen yang menghancurkan itu."

Meski Yelchin harus lebih dahulu pergi, Star Trek 4 mendatang masih akan dibintangi Chris Pine, Zoe Saldana, Zachary Quinto, John Cho, dan Karl Urban. Mereka kembali dengan perannya masing-masing.

Yang juga akan kembali adalah Chris Hemsworth, yang sempat memerankan George Kirk pada film Star Trek pada 2009. Tim produksi baru mengumumkan Hemsworth akan kembali menjadi ayah bagi James Kirk, yang diperankan Pine itu. (rsa/vga)