Lagu 'Kilat' Yovie Widianto untuk D'Essential of Groove

Andika Putra, CNN Indonesia | Jumat, 05/08/2016 08:51 WIB
Lagu 'Kilat' Yovie Widianto untuk D'Essential of Groove Maliq D'Essentials siap menggelar konser kolaborasi dengan The Groove di Jakarta, pada September 2016 mendatang. (Dok. Maliq & D'Essentials/Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para penggemar tentu tak asing dengan kepiawaian Yovie Widianto membuat lagu dalam hitungan menit. Ini dibuktikan saat sang komposer berkonser bersama grup band-nya, Kahitna maupun Yovie and Nuno.

Lagi-lagi, Yovie membuktikan kepiawaiannya sebagai penulis lagu 'kilat' yang kali ini dipersembahkan untuk Maliq & D'Essential dan The Groove. Lagu 'kilat' itu, Coba Katakan dengan Cinta, bakal dilantunkan kedua grup band saat menggelar konser bersama di Jakarta, bulan depan.

Hanya butuh satu hari bagi Yovie untuk menggarap lirik dan kunci nada lagu tersebut. Sedangkan pemilihan judul mengandalkan sayembara di media sosial. Hasilnya, judul lagu baru yang dijumput dari Coba Katakan milik Maliq & D'Essential dan Katakan dengan Cinta milik The Groove


Saat menggarap Coba Katakan dengan Cinta, Yovie benar-benar memperhatikan melodi lagu dengan baik. Ia tak ingin lagu ini terdengar seperti lagu untuk Kahitna atau Yovie and Nuno. Ia ingin lagu ini terdengar milik "D'Essential of Groove."

Diakui Yovie, dirinya sama sekali tidak menemukan kesulitan kala menggarap Coba Katakan dengan Cinta. Pasalnya, ia pernah memproduseri album musik pertama The Groove, Kuingin (1999), dan tak asing dengan warna musik khas The Groove.

"Kalau musiknya Maliq [& D'Essentials] enggak terlalu berbeda dengan The Groove. Ada beberapa melodi dan gaya yang sama di antara mereka berdua. Jadi tidak sulit," kata Yovie, saat jumpa pers perilisan lagu Coba Katakan dengan Cinta di CGV Blitz, Jakarta, pada Kamis (4/8).

"Ketika mendengarkan musik Maliq [& D'Essentials] dan The Groove, melodi dalam lagu jadi kekuatan mereka masing-masing. Saya membuat lagu ini enggak jauh dari melodi yang mereka gunakan," kata Yovie lagi.

Ia menambahkan, "Karya saya ini akan beda dari karya saya biasanya. Orientasi pembuatan lagi ini memang untuk mereka dan penggemar mereka akan bisa merasakan kalau lagu ini memang gaya mereka. Saya saat buat lagu ini cuma dikit nyentuh piano, Ali [pianis The Groove] yang banyak nyentuh piano."

Saat diperdengarkan kepada awak media massa, lagu Coba Katakan dengan Cinta memang memiliki nuansa musik khas Maliq & D'Essentials dan The Groove. Di bagian intro dan coda tersimak nuansa musik Maliq & D'Essentials. Kemudian di bagian chorus terasa warna musik The Groove.

Pembagian vokal lagu tersebut juga baik. Itu bukan merupakan hal yang mudah karena D'Essentials of Groove terdiri dari empat vokalis, dua pria dan dua wanita. Yaitu: Angga, Indah, Rieka dan Reza.

Di lagu tersebut, suara Angga dan Rieka lebih dominan dibandingkan Indah dan Reza. Tentu saja 'perkawinan' suara Angga dan Rieka yang langka, dengan latar suara Indah dan Reza yang juga jarang-jarang terjadi, menjadi sentuhan baru yang menggelitik indra pendengaran penggemar.

Yovie sendiri merasa senang dan nyaman ketika menggarap lagu ini. Ia merasa Maliq & D'Essentials dan The Groove layak disebut grup band yang didukung musisi pionir di Indonesia yang memainkan memiliki gaya khas dalam bermusik.

Konser kolaborasi Maliq & D'Essentials dan The Groove bakal digelar di Plenary Hall JCC, Senayan, Jakarta, pada 6 September 2016.



(vga/vga)