Speaker First Kembali Bermimpi setelah Reuni

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 19/08/2016 19:30 WIB
Speaker First Kembali Bermimpi setelah Reuni Speaker First kembali bersama setelah sempat berpisah tiga tahun. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terinspirasi oleh masa-masa keemasan musik rock di awal 2000-an, saudara kembar asal Kota Kembang, Beni Barnady dan Bony Barnaby tergiur membentuk sebuah band. Sejak itu, Beni dan Bony memutuskan: jalan hidup mereka adalah musik.

Dua tahun kemudian, Speaker First resmi bersatu. Impian pertama Beni dan Bony terwujud. Band bentukan mereka itu juga digawangi Mahattir Alkatiry sebagai bassis dan vokalis. Beni dan Bony sendiri sama-sama kebagian memainkan gitar.

Langkah Speaker First masuk ke industri musik Indonesia ditandai pada 2004. Itu bisa disebut sekaligus tahun keemasan mereka, sebab karyanya langsung dilirik label rekaman besar, Sony Music.


Sebagai bukti keseriusan bermusik, di tahun itu pula mereka memberikan warna baru bagi dunia musik dalam negeri lewat gaya rock dalam debut album mereka yang bertajuk Whatever You Say.

Langkah Speaker First tak berhenti di situ. Mereka kembali mendulang kesuksesan lewat film Gie (2005). Lantunan Mr. Ego dan daur ulang lagu Like a Rolling Stone milik Bob Dylan yang mereka nyanyikan dijadikan lagu tema film Riri Riza itu.

Lima tahun setelah menelurkan album perdana dan diterima pasar, Speaker First kembali dengan karya kedua. Kali ini bertajuk Dunia Milik Kita. Mereka juga punya album mini yang dirilis setahun kemudian (2011), berjudul Muda dan Berani.

[Gambas:Youtube]

Sayang, kesibukan masing-masing personel membuat Speaker First terpaksa vakum. Setelah 11 tahun bersama, mereka memutuskan berpisah dan memberi waktu bagi kehidupan pribadi pada 2013.

Baru-baru ini 'keberanian' mereka bangkit kembali. Berhasil menghalau badai dan pasang-surut kehidupan anak band, Speaker First akhirnya mampu menyatukan tekad untuk kembali bersama. Inggris menjadi saksi reuni mereka.

Undangan untuk tampil pada pameran kebudayaan Indonesian Weekend di Potters Field Park, London, Mei lalu menjadi langkah awal penanda kembalinya band tersebut setelah berpisah selama tiga tahun. Kala itu, tim CNNIndonesia.com berkesempatan menyaksikan secara langsung penampilan mereka selama dua hari di sana.


Bukan hanya di panggung Indonesian Weekend, Speaker First juga mendapat tawaran tampil di beberapa bar kecil di sekitaran London setelahnya.

Kali ini, Speaker First bertandang ke kantor redaksi CNN Indonesia.com dalam acara Music at Newsroom. Mereka akan berbincang soal keputusan berpisah, bergabung kembali, dan mimpi-mimpi setelah reuni.

Saksikan penampilan mereka, Rabu (24/8) pukul 19.00-20.00 hanya di www.cnnindonesia.com.