Indonesia Bersaing dengan 'Selingkuhan' Brad Pitt di Oscar

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 26/09/2016 09:45 WIB
Indonesia Bersaing dengan 'Selingkuhan' Brad Pitt di Oscar Film yang dibintangi Marion Cotillard dijagokan Kanada untuk melaju ke Oscar. (REUTERS/Yves Herman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komite Seleksi Film Berbahasa Asing Terbaik Oscar sudah memutuskan film mana yang akan dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards 2017.

Tim yang beranggotakan 13 orang berlatar belakang sineas profesional itu menjagokan Surat dari Praha, film Angga Dwimas Sasongko, untuk ke Oscar. Film itu dibintangi Tyo Pakusadewo dan Julie Estelle.

Film itu akan bersaing dengan puluhan atau bahkan ratusan negara-negara di luar Amerika Serikat atau Hollywood, untuk masuk lima besar nominasi kategori Film Berbahasa Asing Terbaik ajang yang digelar pada Februari mendatang itu.


Tahun-tahun sebelumnya Indonesia sempat mengirim beberapa film, namun tidak ada yang sampai menembus nominasi. Alangkah Lucunya Negeri Ini sudah cukup membanggakan dengan masuk 65 besar. Saingannya sangat banyak dan kuat.

Negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam ikut mengirim perwakilannya. Belum lagi film sarat konflik sosial yang humanis dari Iran, Palestina, atau bahkan Israel. Mereka sudah memasukkan perwakilan tahun ini.

Negara-negara lain yang juga sudah memasukkan film jagoannya adalah Selandia Baru (A Flickering Truth), Pakistan (Mah e Mir), Slovakia (Eva Nova), Islandia (Sparrows), Latvia (Dawn), dan masih banyak lagi. Masing-masing film masih akan dinilai untuk dikerucutkan menjadi beberapa besar, sampai masuk nominasi.

Saingan lain Surat dari Praha adalah It’s Only the End of the World. Itu merupakan film pilihan Kanada yang baru diajukan ke Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), panitia penyelenggara ajang penghargaan tertinggi perfilman.

Yang membuat film garapan Xavier Dolan itu menarik adalah sang bintang utama: Marion Cotillard. Lea Seydoux juga berperan di dalam film berbahasa Perancis itu.

Nama keduanya sudah dikenal karena pernah membintangi film Hollywood. Cotillard bahkan sedang melambung, banyak dicari di Google, lantaran dikaitkan dengan perceraian heboh pasangan artis Hollywodd, Angelina Jolie dan Brad Pitt.

Film terbarunya berjudul Allied, di mana ia menjadi salah satu agen yang jatuh cinta dengan agen lain di tengah Perang Dunia II. Film itulah yang membuatnya digosipkan dekat dan menjalin hubungan spesial dengan sang 'Benjamin Button.’

Sementara Seydoux, dikenal sejak beradu akting dengan Daniel Craig dalam James Bond seri terakhir: Spectre. Seydox menjadi satu Bond's Girl dalam film itu.

It’s Only the End of the World, mengutip The Hollywood Reporter, mengisahkan seorang penulis yang kembali menyambangi tanah kelahirannya setelah 12 tahun meninggalkannya. Kepulangan itu istimewa: ia mengumumkan kematiannya.

Kanada termasuk pesaing berat dalam Oscar, karena empat film mereka pernah masuk nominasi dalam enam tahun terakhir. Itu termasuk Incendies, Monsieur Lazhar, Rebelle, dan In Darkness. Film milik Dolan juga menjadi perwakilan Kanada pada 2014, berjudul Mommy, namun tidak sampai masuk nominasi lima besar.

Kanada juga pernah memenangi Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang yang dihadiri selebriti papan atas Hollywood itu, lewat The Barbarians Invasions (2003). (rsa/rsa)