Konser Tanggung Taeyang, Nell dan Akmu

Resty Armenia, CNN Indonesia | Minggu, 09/10/2016 16:27 WIB
Konser Tanggung Taeyang, Nell dan Akmu Meski pertama kali berbagi panggung di hadapan penggemar K-Pop Indonesia, Taeyang, Akmu dan Nell malah tak menyajikan kolaborasi unik. (AFP PHOTO / JOHANNES EISELE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar musik K-Pop tengah bersuka cita karena tiga musisi kesayangannya mampir ke Indonesia dalam perayaan kerja sama Korea Selatan dan Indonesia. Personel BigBang, Taeyang, duo Akdong Musician (Akmu) dan band indie Nell.

Berturut-turut Akmu, Nell dan Taeyang tampil bergiliran dalam acara Saranghaeyo Indonesia 2016 yang berdurasi sekitar dua jam lebih 15 menit di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (8/10) malam itu. Sayangnya, waktu sepanjang 135 menit itu tidak murni dihabiskan untuk penampilan mereka.
Di antara penampilan Akmu dan Nell, kemudian Taeyang, penonton harus menyaksikan kru panggung mengganti alat dan memeriksa perlengkapan teknis. Alhasil, penonton pun merasa kurang puas dengan penampilan mereka.

Set list yang dibawakan terasa terlalu cepat. Obrolan antara Taeyang, Akmu dan Nell dengan penggemar mereka pun sangat terburu-buru. Sangat berbeda dari konser mereka biasanya.
Hasilnya, Akmu hanya tampil membawakan tujuh lagu, sama seperti Nell. Sedangkan Taeyang menutup konser dengan sepuluh lagu, di mana dua lagu di antaranya tak dinyanyikan secara utuh.


Pertemuan para idola K-Pop dengan penggemar mereka di Indonesia kali ini memang sangat jauh dari fan-service. Padahal, ini pertama kalinya Nell dan Akmu tampil di Indonesia.
"Senang karena sudah bawa Nell ke sini, secara mereka jarang konser bahkan di negaranya sendiri. Tapi kenapa durasinya singkat sekali ya? Hanya tujuh lagu plus intro Decompose. Rasanya kurang puas," ujar Aliza, warga Tebet yang menyaksikan idolanya dari bangku Section Blue B.

Konser ini kian terasa tak maksimal lantaran sama sekali tidak ada kolaborasi dari ketiga musisi. Mereka hanya tampil sendiri-sendiri. Padahal biasanya festival musik seperti ini menampilkan kolaborasi di antara artis yang hadir.

Hal itu sangat disayangkan, mengingat ada alasan bagi mereka untuk menghadirkan kolaborasi yang unik. Pertama, ketiganya memiliki jenis musik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Kedua, Taeyang dan Akmu berasal dari label yang sama, YG Entertainment, yang terkenal sering membuat dan menggubah lagu dengan gaya yang unik.

(meg/meg)