'Jokowi' akan Temani 'Soekarno' di Madame Tussauds Hong Kong

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 12/10/2016 13:07 WIB
'Jokowi' akan Temani 'Soekarno' di Madame Tussauds Hong Kong Joko Widodo akan dibikinkan patung lilin di Madame Tussauds Hong Kong. (REUTERS/Mark Schiefelbein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Patung Presiden Joko Widodo akan menambah koleksi museum lilin Madame Tussauds Hong Kong. Nantinya, patung lilin Jokowi akan menemani patung lilin Presiden Soekarno yang telah diresmikan di museum itu pada 24 September 2012.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, Jokowi dipilih melalui jajak pendapat yang dilakukan museum. "Dari kategori pemimpin dunia, Pak Jokowi nomor satu yang dipilih pengunjung," kata Djumala, Rabu (12/10).

Djumala berkata, Madame Tussauds langsung riset mengenai Jokowi setelah hasil jajak pendapat keluar. Dari riset, museum menilai Jokowi sosok unik dan ikonik. Mantan Wali Kota Solo itu dinilai sederhana karena dalam kesehariannya sering terlihat mengenakan kemeja putih. Jokowi juga prorakyat dan antikorupsi.


"Ikon ini yang ingin ditonjolkan dari patung lilin Pak Jokowi. Ini pemimpin negara berkembang, Asia. Jarang ada yang begini. Inilah yang diambil," ucap dia.

Usulan ini pun disampaikan kepada Jokowi melalui Djumala. Jokowi menyetujui pembuatan patung lilin untuk Madame Tussauds Hongkong.

Patung lilin Jokowi nantinya juga menjadi alat memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Hal ini sesuai dengan amanat Jokowi mengenai nation branding.

Sejumlah ornamen Indonesia akan menemani patung lilin Jokowi. Salah satunya, pakaian batik yang akan dikenakan patung lilin itu.

Djumala menuturkan, dia baju batik patung lilin Jokowi diganti setiap dua hingga tiga bulan sekali. Batik yang akan digunakan berasal dari Solo, Yogyakarta, Bandung, Madura, dan Bugis.

Sekitar pukul 13.00 WIB hari ini Rabu (12/10), Madame Tussauds akan memfoto Jokowi dalam 32 posisi untuk mengukur dan membuat patung semirip mungkin dengan mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi dan Soekarno bukan satu-satunya tokoh Indonesia yang dipajang di museum lilin asal London itu. Madame Tussauds Bangkok punya Anggun, penyanyi asal Indonesia yang berkarier di Perancis dan akhirnya dikenal dunia. (rsa/rsa)