Nama Jokowi Lebih Populer dari Clinton, Trump, dan Messi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 13/10/2016 05:15 WIB
Nama Jokowi Lebih Populer dari Clinton, Trump, dan Messi Di Hong Kong, Jokowi lebih populer dibanding Hillary Clinton dan Donald Trump (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Presiden Joko Widodo di dunia ternyata sangat populer di dunia. Bahkan dalam sebuah survei yang digelar oleh Madame Tussauds di Hong Kong, popularitas Jokowi mengalahkan calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton dan Donald Trump.

"Iya Donald Trump dan Hillary Clinton semua rankingnya di bawah bapak (Jokowi)," kata Konsul Jenderal Tri Tharyat di Kantor Presiden, Rabu (12/10).

Dia mengatakan, survei dilakukan kepada seluruh pengunjung museum lilin tersebut  selama setahun. Di dalam lembar surveinya, terdapat sebuah pertanyaan tentang siapa yang ingin mereka lihat di museum tersebut. Pertanyaan ini menyatu dengan survei kepuasan.



Para pengunjung tidak diberikan pilihan nama yang sudah disiapkan pengelola, namun mereka mereka diharuskan menulis sendiri tokoh yang diharapkan ada untuk melengkapi koleksi patung lilin di sana.

Dia mengatakan, Jokowi merupakan pemimpin negara atau tokoh politik dengan ranking tertinggi dalam survei yang dilakukan selama setahun. Namun, secara keseluruhan, Jokowi berada satu peringkat di bawah boyband Korea Big Bang.

Tak hanya Hillary dan Trump, Jokowi juga mengalahkan kepopuleran pesepak bola Argentina Lionel Messi dalam survei itu. Messi berada tepat satu peringkat di bawah Jokowi.

General Manager Madame Tussauds Hong Kong Jenny You mengatakan, jajarannya pun memilih Jokowi sebagai tokoh yang akan bergabung dengan Madame Tussauds Hong Kong tahun depan.

Jenny mengatakan, usai melihat hasil survei, jajarannya mencari tahu lebih mengenai kepemimpinan Jokowi.

"Kami menemukan, Jokowi sangat rendah hati, memiliki gaya kepemimpinan yang peduli kepada masyarakat, terutama masyarakat kecil, dan sangat peduli pada pemberantasan korupsi," ucap Jenny.

Seluruh ukuran dan detail Jokowi telah dicatat pada Rabu (12/10). Proses pencatatan tersebut memakan waktu sekitar 1,5 jam. Jenny  mengungkapkan, pembuatan patung lilin akan dilakukan di London dan diselesaikan dalam waktu enam bulan. Patung lilin Jokowi diperkirakan dapat ditunjukan kepada dunia pada musim panas tahun depan.

Pada umumnya, proses pembuatan satu patung lilin akan menghabiskan biaya sekitar HKD1,8 juta (Rp3 Miliar) (chs)