Menonton 'Lezatnya' Olahan Musik Bibap Korea di Jakarta

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 28/10/2016 06:40 WIB
Menonton 'Lezatnya' Olahan Musik Bibap Korea di Jakarta Bertajuk Delicious Musical Bibap, pertunjukan non verbal memanfaatkan alat masak tersebut menggabungkan tarian, beatbox, b-boying, akrobat dan juga acapella. (Foto: Dok. Yes24 Ent. Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain terkenal dengan drama televisi dan K-pop, Korea Selatan juga punya makanan khas yang membuat takjub. Di antaranya, ada Bimbimbap yang merupakan nasi dicampur telur setengah matang, sayuran, daging sapi, dan minyak wijen.

Yang menarik bukan saja jenis makanannya, tapi dari bagaimana mereka menyajikannya. Proses ‘mengolah’ makanan itu bisa dibuat teatrikal, persis sebuah pertunjukan musikal yang kemudian dikenal dengan Bibap.

Kali ini, aksi unik dari Korea Selatan tersebut diusung promotor Yes 24 Ent. Indonesia untuk tampil di Jakarta. Bertajuk 'Delicious Musical Bibap,' pertunjukan tersebut dijadwalkan berlangsung di Ciputra ArtPreneuer, Jakarta, pada 11 sampai 13 November 2016.


"Bibap adalah sebuah pertunjukan unik perpaduan antara tarian, beatbox, b-boying, akrobat, akting, juga akapela. Dan karena disampaikan secara non-verbal maka tak akan ada masalah soal bahasa," kata Lee Jun Ho, Director of Yes24 Ent. Indonesia, saat ditemui di Jakarta, pada Kamis (27/10).

Keunikan Bibap, kata Lee, terdapat pada aksi para pemainnya yang menciptakan harmonisasi suara dari proses ketika membuat makanan. Sembari memasak, mereka juga membuat atraksi-atraksi khas yang berkesan.

Bibap sendiri disebutkan telah menjadi salah satu suguhan utama di bidang pariwisata bagi Korea Selatan. Sejak kemunculannya pada 2009, aksi teatrikal unik ini kemudian dikenal luas setahun setelahnya. Bahkan, pertunjukan tersebut kemudian terjadwal rutin untuk menghibur para wisatawan dengan gedung pertunjukan khusus.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pertunjukan Bibap tercatat mengalami kenaikan penoton, sekitar 60 juta orang di 25 negara di seluruh dunia. Bagi wisatawan yang datang ke Korea Selatan, pertunjukan tetapnya dapat dinikmati di Incheon dan juga Seoul.

Alat masak

Berbeda dengan pertunjukan seni lainnya, Bibap tampil memanfaatkan peralatan memasak di dapur.

Para pemain, atau koki, menunjukkan aksi mereka sembari membuat berbagai hidangan kala pesanan datang. Dengan bahasa tubuh yang riang, mereka meracik menu masakan yang tak hanya makanan khas Korea Selatan, tapi juga kadang menu dari negara lain seperti masakan China, Jepang, dan Italia.

Untuk pertunjukan kali ini, para pemain yang diusung promotor disebut-sebut pernah unjuk kebolehan di Festival Seni Edinburgh di Skotlandia.

Selain menjadi suguhan hiburan akhir pekan, Lia Hubu selaku Marketing Manager Yes24 Ent. Indonesia menyatakan pertunjukan Bibap juga mengusung program pendamping berupa edukasi bagi siswa-siswa sekolah.

Disampaikannya, panitia turut mengundang siswa sekolah untuk menyaksikan langsung proses seni pertunjukan dibuat, pada Jumat (11/11). Selain melihat, mereka juga diberi kesempatan untuk mencobai.

Pertunjukan Bibap terbuka buat publik dengan empat jenis tiket, yakni Silver, Gold, VIP dan VVIP dan harga yang berkisar dari Rp350 ribu hingga Rp 900 ribu. Tiket tersebut dapat diperoleh di situs ticketyes24.co.id. (rsa)