Keterlibatan Maudy Ayunda dalam Film Disney 'Moana'

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 12/11/2016 14:51 WIB
Keterlibatan Maudy Ayunda dalam Film Disney 'Moana' Maudy Ayunda, yang menyanyikan lagu tema film Disney berjudul Moana. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasca menyelesaikan studi di Jurusan Ekonomi Universitas Oxford, Inggris, penyanyi Maudy Ayunda kembali mengembangkan kariernya di dunia hiburan Indonesia.

Sepulang dari Inggris pada Juni lalu, Maudy pun langsung mendapat tawaran menggiurkan dari Walt Disney Studios. Ia diminta untuk mewakili Indonesia dalam penggarapan lagu tema film terbaru Disney yang berjudul Moana dalam bahasa Indonesia.

Maudy yang ditemui usai media preview film di XXI Epicentrum Kuningan Jakarta, Jumat (11/11), pun mengungkapkan rasa bangganya dapat terlibat dalam penggarapan lagu berjudul How Far I'll Go yang diterjemahkan menjadi Seberapa Jauh Ku Melangkah.


"Siapa yang tidak tumbuh dengan menonton Disney, tentu saya familiar. Sejak sekolah saya sudah pentaskan teater musikal seperti Aladdin. Dan ketika dapat tawaran ini ya sempat tidak percaya juga," kata Maudy.

Tidak perlu waktu lamabagi dirinya untuk menerima tawaran tersebut pada lima bulan lalu. Dua minggu sejak ditawarkan, Maudy langsung masuk studio rekaman di Jakarta.

Penyanyi berusia 21 tahun itu kemudian menceritakan pengalamannya selama rekaman. Dikatakan olehnya, proyek itu begitu rahasia sampai dirinya sama sekali tidak tahu judul lagu apa yang akan dinyanyikannya sampai waktu rekaman tiba.

"Saat mau rekaman saya belum dengar lagu aslinya, dan itu jadi tantangan tersendiri untuk bawakan versi Indonesianya," ungkap Maudy.

"Dan saat rekaman ini bukan hanya sekedar nyanyi, tapi harus ada emosi saat menyampaikan makna lagunya, menyesuaikan agar tidak terdengar janggal,” katanya menambahkan.

Dia pun menuturkan bahwa sesi rekaman dilakukan dalam waktu kurang dari setengah hari. Selama itu, ia diarahkan oleh vocal director yang ditunjuk Disney.

Maudy hanya mendapatkan gambaran soal lagu yang dinyanyikan lewat cuplikan singkat film yang diperlihatkan.

“Selama lima jam sudah termasuk briefing, sebisa mungkin harus seperti yang aslinya. Lebih ke deg-degan kalau ada kendala, dan ini jadi pengalaman yang tak terlupakan," ujarnya.

Tapi berkat keyakinan dirinya dan fokus saat rekaman, Maudy mengaku dapat mengatasi kendala itu.

"Yang penting fokus dan nyaman," katanya.

Refleksi Moana dalam diri Maudy

Keterlibatan Maudy Ayunda dalam Film Disney 'Moana'Maudy Ayunda saat tampil dalam media preview. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)

Menurut Maudy sendiri, lagu yang versi aslinya dibawakan penyanyi Alessia Cara dan pengisi suara Moana, Auli'i Cravalho, itu bercerita tentang seorang perempuan muda yang mencari jati dirinya di tengah pertentangan yang selalu ada dari lingkungan sekitarnya.

"Dia harus mengikuti ekspetasi lingkungan sekitarnya, tapi pada akhirnya panggilan dan dorongan ke tempat lain membuatnya menemui jati dirinya," tutur Maudy.

Tak ayal, Maudy sendiri pun mengakui bahwa dirinya pernah mengalami perjalanan serupa. Dia mengatakan itu dialaminya saat lolos untuk melanjutkan kuliah di Oxford.

Karena hal itu, dia pun menunda selama satu tahun untuk mempertimbangkan dan meyakinkan diri terhadap hal yang begitu diinginkannya. Selama satu tahun itu dia memilih berkarir di dunia akting dan tarik suara.

"Itu kesempatan langka, tapi banyak tanda tanya dari lingkungan, keluarga khususnya. Mempertanyajan kondisi perempuan yang sendirian di luar negeri," katanya menjelaskan.

Meski akhirnya Maudy berhasil meyakinkan diri dan lingkungan terdekatnya, tapi ia merasa bahwa dalam aspek lain pertentangan selalu ada dalam setiap langkahnya, termasuk pasca kelulusannya.

"Setelah lulus tetap ada kegalauan. Tidak hanya keluarga, terkadang penggemar pun begitu membuat galau dengan pilihan kita," ujar Maudy.

Dalam waktu dekat, Maudy hendak disibukkan untuk promosi lagu terjemahan tersebut.

Lainnya, Maudy baru saja menyelesaikan proses penggarapan film yang diadaptasi dari novel berjudul The Naked Traveller. Dia pun tengah mempersiapkan album baru yang hendak dirilis tahun depan.

(ard/ard)