Koleksi Seni David Bowie Laku Hingga Ratusan Miliar Rupiah

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Senin, 14/11/2016 14:20 WIB
Koleksi Seni David Bowie Laku Hingga Ratusan Miliar Rupiah Digelar selama dua hari, pelelangan sejumlah koleksi seni David Bowie laku terjual dengan harga fantastis hingga Rp 554 miliar. (Foto: REUTERS/Stefan Wermuth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Koleksi seni pribadi milik mendiang David Bowie telah terjual senilai 33 juta poundsterling atau Rp 554 miliar melalui acara lelang yang dilakukan selama dua hari di Sotheby's London.

Mengutip NME, lebih dari 400 karya yang dimiliki pelantun Starman itu diajukan untuk lelang di Sotheby's pada Kamis (10/11). Beberapa koleksi seninya yang mencolok yakni karya seniman ternama Frank Auerbach, Jean-Michel Basquiat dan Damien Hirst. 

Meski mayoritas koleksinya dijual, keluarga pria yang meninggal pada Januari lalu itu tetap menyimpan koleksi seni yang dianggap memiliki arti tersendiri bagi Bowie. Sementara itu, hasil penjualan lewat lelang nantinya akan tetap menjadi harta milik Bowie setelah dijual dan dikurangi pajak.


Berdasarkan laporan New York Times, perkiraan koleksi yang telah dijual adalah sebanyak 365 karya, diduga itu sekitar 65 persen dari total koleksi Bowie. Pada hari pertamanya, koleksi tersebut laku senilai 24,3 juta poundsterling (Rp 407 miliar) dan disebutkan itu dua kali melebihi ekspetasi Southeby's yang hanya 8-11 juta poundsterling.

Selama sesi pelelangan, karya seni yang terjual paling mahal adalah Air Power milik seniman Basquiat senilai 7,1 juta poundsterling (Rp 118 miliar). Sementara lukisan Head of Gerda Boehm karya Frank Auerbach terjual dengan harga 3,8 juta poundsterling (Rp 63,6 miliar).

Lelang yang berakhir pada Jumat (11/11) malam waktu setempat itu turut menyertakan 56 rekor penjualan yang diikuti lebih dari seribu penawar yang berpartisipasi secara online. 

Sebuah pemutar rekaman yang dirancang sebagai 'a musical pet' oleh Bowie pun ikut terjual dengan harga 257 ribu poundsterling.

Sementara itu, sosok Bowie direncanakan akan diabadikan lewat pembuatan patung menyerupainya. Pekan lalu, sebuah kampanye penggalangan dana Kickstarter telah digelar untuk mendanai pembuatan patung Bowie yang direncanakan dibangun di kota Aylesbury, yang terletak di utara London.

Pilihan akan tempat tersebut didasari atas beberapa alasan. Di antaranya, Bowie sebelumnya merilis debut lagu Hunky Dory dan Ziggy Stardust di klub lokal setempat. Dia juga menjadikan daerah tersebut sebagai rujukan dalam lagu Five Years.

Penggalangan dana itu membutuhkan biaya hingga 100 ribu poundsterling agar dapat menutupi biaya pembuatan patung. (rah/rah)