Memorabilia David Bowie yang Membuat Pengunjung Menangis

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 18/11/2016 12:06 WIB
David Bowie sendiri pernah mengunjungi pameran internasional yang menyuguhkan mulai lirik-lirik terbaiknya sampai kostum yang pernah ia kenakan. David Bowie sendiri pernah mengunjungi pamerannya. (REUTERS/Leonhard Foeger)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia masih mengenang David Bowie. Musisi legendaris yang meninggal Januari lalu itu diabadikan lewat konser, lagu, bahkan karya seni. Di Museum Victoria and Albert, London, baru saja dibuka pameran historis bertajuk ‘David Bowie.’

Itu menjadi pameran internasional pertama yang menggambarkan kehidupan dan karier sang musisi. Dalam pembukaan pada pekan lalu, menurut Travel and Leisure, tercatat sudah lebih dari 1,5 pengunjung yang mendatanginya.

Dalam pameran itu, terdapat lebih dari 300 arsip lirik Bowie. Tidak sekadar lirik, mereka dibuat langsung dari tulisan tangan sang Ziggy Stardust. Pameran itu juga menyuguhkan kostum asli yang pernah dikenakannya, beserta instrumen-instrumen pribadinya.


Pengunjung pameran bisa lebih dekat lagi dengan Bowie melalui foto-foto, film, video musik, serta karya-karyanya yang selama ini tak banyak diketahui orang. Pilihan gaya busananya yang nyentrik juga bisa dinikmati dalam pameran itu.

Sebanyak 60 kostum yang pernah dikenakan Bowie dipilih untuk dipamerkan. Mulai dari kostum panggung, sampai busana keseharian. Itu semua sangat menggambarkan diri Bowie.

“Petikan lirik terbaik, kostum, dan video dari lagu Life on Mars, dan banyak lagi yang akan membuat pengunjung menangis melihatnya,” kata ko-kurator pameran, Geoff Marsh.

Menariknya, pameran itu pernah didatangi langsung oleh Bowie sendiri. Pameran internasional tersebut memang sudah melangsungkan tur sejak 2013. Ia pernah diselenggarakan di Kanada, Australia, dan Brasil. Setelah London, tur pameran akan mengunjungi Museo d’Arte Moderna di Bologna sampai pertengahan November.

Pameran juga akan dibuka di Tokyo, Jepang pada April mendatang, sebelum menuntaskan perjalannya di Museu Del Disseny de Barcelona Spanyol pada Mei 2017.

Saat mengunjungi pameran itu, kata Victoria Broackes, ko-kurator pameran tersebut, Bowie sangat tersentuh. “Setelah beberapa jam, dia mulai berubah, dari menunjukkan keluarganya objek-objek yang ada, sampai tersentuh sendiri oleh pengalaman itu,” kata Broackes. (Awita Ekasari Larasati/rsa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK