Pemeran Letnan Treidum di 'Star Wars' Tutup Usia

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Jumat, 25/11/2016 11:55 WIB
Pemeran Letnan Treidum di 'Star Wars' Tutup Usia Ilustrasi Star Wars. (Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor, sutradara, dan penulis Peter Sumner meninggal dunia di usianya yang ke-74 tahun. Dirinya mulai dikenal sejak membintangi dan menjadi bagian sejarah film Star Wars.

Berdasarkan laporan The Sydney Morning Herald yang dikutip NME, aktor yang berasal dari Sydney, Australia itu meninggal pada (Rabu (23/11), setelah berjuang melawan penyakit yang telah lama diidapnya.

Sumner disebut pernah mendapat peran kecil di Star Wars orisinal untuk Episode IV: A New Hope yang dirilis pada 1977. Di sana ia berperan sebagai petugas Imperial yakni Letnan Pol Treidum. Saat itu dirinya tercatat sebagai satu-satunya aktor Australia yang terlibat.


Selain Star Wars, Sumner pernah membintangi sejumlah judul film seperti Ned Kelly (1970), The Survivor (1981) dan Bush Christmas (1983). Tapi perannya di Star Wars begitu dikenal.

Karakter yang dimainkannya muncul dalam sebuah adegan singkat di sebuah hanggar di Death Star, tempat ia melihat Stormtroopers menghilang. Ia pun pergi ke ruang konsol dan bertanya, ”TK-421, mengapa tidak berada di pos Anda? TK 421, copy?"

Tak lama dari itu dia tampak dibunuh oleh Chewbacca.

Menurut laporan Herald, Sumner saat itu hanya dibayar sekitar 120 poundsterling atau setara Rp2 jutaan, untuk dua hari syuting. Meski hanya mendapat peran singkat, namanya telah diabadikan menjadi bagian dari sejarah film Star Wars.

Dia pun menjadi salah satu daftar undangan yang selalu menghadiri konvensi Star Wars selama bertahun-tahun pasca film itu dirilis.

Sebagai ungkapan rasa duka akan kematian Sumner, mantan istrinya Lynda Stoner pun mengenang sosoknya.

"Dia terkenal karena Star Wars dan acara TV Australia Play School, tapi dia melakukan lebih dari itu. Dia banyak bermain untuk pementasan Shakespeare," ujar Stoner.

[Gambas:Youtube]

Stoner pun turut mengatakan bahwa Sumner banyak terlibat dalam acara ABC News bersama Jacki Weaver dan Cornelia Frances. Serta banyak acara komedi dan drama.

Tahun lalu, Sumner  dilaporkan sempat berceloteh, jika dirinya meninggal dunia ia ingin dialognya di Star Wars, kata "TK-421, do you copy" terukir dalam batu nisannya. (rsa/rsa)