Carrie Fisher, 'Princess Leia Star Wars' Meninggal Dunia

Rahman Indra, CNN Indonesia | Rabu, 28/12/2016 01:25 WIB
Aktris yang empat hari lalu kena serangan jantung itu tutup usia pada Selasa (27/12) di Los Angeles, di usia 60 tahun. Sang Princess Leia (Star Wars), itu pun tiada. (Foto: Dok. Lucas Film)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Carrie Fisher, pemeran Princess Leia di film Star Wars menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (27/12), di Los Angeles. Ia meninggal dunia di usianya 60 tahun.

Fisher, seperti dikutip dari CNN, meninggal empat hari setelah mengalami serangan jantung dalam penerbangan dari London.

"Dengan duka yang mendalam Billie Lourd menyampaikan bahwa ibunya tercinta Carrie Fisher telah meninggal dunia pada pukul 08:55 pagi ini," ungkap Simon Halls, juru bicara keluarga Fisher, seperti pernyataan yang disampaikan pada People, dan dilansir dari The Rolling Stone.


Aktris yang mengawali karier di Hollywood pada 1975 itu bermain pertama kali dalam film 'Shampoo'. Ia merupakan putri dari aktris legendaris Debbie Reynolds dan penyanyi Eddie Fisher.

Carrie Fisher sempat dilarikan ke rumah sakit akibat terkena serangan jantung, Jum’at (23/12) lalu dalam perjalanan dari London ke Los Angeles.

Ia kemudian dirujuk ke Pusat Medis UCLA, dan sempat keluar dari ruang gawat darurat, namun masih dirawat di rumah sakit tersebut.

Kendati lebih terkenal berkat perannya dalam Star Wars, Fisher sebenarnya sudah empat dekade malang melintang dalam dunia seni peran, termasuk membintangi film komedi ‘When Harry Met Sally’.

Saat berita Fisher terkena serangan jantung merebak, rekan sesama aktris dan aktor, ramai-ramai mencuitkan doa bagi Fisher melalui Twitter.

Bahkan, mereka berharap ‘the force’ atau kekuatan para Jedi di Star Wars, bisa memberi kekuatan bagi Fisher.

Nama Carrie Fisher melejit sebagai aktris ketika ia tampil di panggung Broadway bersama ibunya. Pada 1977 ia mengalahkan Jodie Foster dan Amy Irving dalam mendapatkan peran sebagai Princess Leia untuk film Star Wars yang disutradarai George Lucas.

Peran yang kemudian melekat di dirinya hingga kini.

"Saya dilatih untuk menjadi selebriti, jadi saya lakukan yang saya tahu," ujarnya suatu kali pada The Rolling Stone.

"Empat puluh tiga tahun lalu, George Lucas telah menghancurkan hidup saya," tulisnya dalam buku 'Wishful Drinking'. "Maksud saya dalam hal positif," ujarnya menambahkan.

Selama lebih dari empat dekade sejak seri Star Wars pertama, ia kembali memerankan Princess Leia pada Star Wars: The Force Awakens tahun lalu. Ia mengungkap kisah di balik layar dan skandal hubungan spesialnya dengan pemeran Han Solo Harrison Ford dalam buku otobiografinya Princess Diarist.

Fisher membuka diri akan perjuangannya melepaskan diri dari alkohol dan bipolar disorder. Ia juga menjadi konsultan untuk kesehatan mental.

Untuk kehidupan pribadinya, Fisher menikah dengan Paul Simon kurang dari setahun dari 1983-84. Fisher juga berhubungan dekat dengan pencari bakat Bryan Lourd yang kemudian melahirkan seorang dan satu-satunya anak yang ia beri nama Billie Lourd. (rah/rah)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK