George RR Martin Segera Rilis Cerita Baru 'Game of Thrones'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 30/01/2017 15:11 WIB
George RR Martin Segera Rilis Cerita Baru 'Game of Thrones' George RR Martin berjanji akan merilis buku barunya segera. (Dok. Ellen Levy Finch)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar Game of Thrones sepertinya berhasil mendesak penulis kisah aslinya, George RR Martin menyelesaikan cerita yang sudah lima tahun menggantung. Bagian selanjutnya dari seri A Song of Ice and Fire, yang diadaptasi menjadi Game of Thrones, akan segera rilis.

Novel ke-enam itu akan menjadi tulisan pertama Martin kembali, setelah lima tahun ‘mati suri.’ Selama ini Martin terus menunda tenggat waktu perilisan novelnya. Seharusnya cerita itu selesai pada 2015 lalu. Buku yang ditunggu-tunggu itu berjudul The Winds of Winter.

Buku itu seharusnya menjadi dasar bagi serial Game of Thrones selanjutnya. Namun karena Martin tak kunjung menuntaskannya, maka sejak musim lalu Game of Thrones punya ‘cerita’ sendiri, meski masih tersambung dengan buku seri fantasi perang antarklan milik Martin.



Munculnya kabar bahwa buku itu akan segera dirilis, berkaitan dengan ucapan Martin, “Saya pikir akan dirilis akhir tahun ini,” seperti dikutip Independent. Sayangnya, ucapan itu tak berhenti di situ. Ia menambahkan, “Tapi hei, saya berpikir hal yang sama tahun lalu.”

Hingga kini belum ada kepastian tanggal soal perilisannya. Namun semua mengantisipasi bahwa buku yang ditunggu-tunggu itu dimaksudkan untuk dirilis pada 2017.

Tapi Oktober lalu Book of Swords memilih 15 cerita pendek termasuk karya Martin. Disebut-sebut, salah satunya adalah cerita baru Martin yang berlatar dunia Game of Thrones. Book of Swords merupakan penyaring dan pengumpul belasan cerita pendek.


Adanya cerita Martin dalam buku itu, digadang-gadang oleh Amazon.

Karya-karya yang terkumpul akan diedit oleh Gardner Dozois, yang pernah lama menjadi kolaborator Martin.

Penulis lain yang masuk dalam daftar dan akan diterbitkan adalah Matthew Hughes, KJ Parker, Scott Lynch, Robin Hobb, Garth Nix, CJ Cherryh, Elizabeth Bear, Ellen Kushner, Ken Liu, Danial Abraham, Cecelia Holland, dan Peter S. Beagle.

Sementara itu, HBO baru saja merilis cuplikan perdana dari musim ke-tujuh Game of Thrones yang akan tayang tahun ini. Serial itu masih akan dibintangi Jon Snow, Sansa Stark dan para pemain ikonis lain dari musim lalu. Itu satu musim terakhir sebelum ujung cerita.

Game of Thrones diprediksi akan berakhir di musim ke-delapan. (han/rsa)