Jejak Jay Z di Songwriters Hall of Fame, Kemenangan bagi AS

Agniya Khoiri , CNN Indonesia | Jumat, 24/02/2017 12:53 WIB
Jejak Jay Z di Songwriters Hall of Fame, Kemenangan bagi AS Jay Z menjadi rapper pertama yang masuk Songwriters Hall of Fame. (REUTERS/Mario Anzuoni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perjalanan panjang karier Jay Z di dunia musik menorehkan sejarah. Pendiri manajeman Roc Nation itu menjadi rapper pertama yang akan masuk dalam Songwriters Hall of Fame, sejak didirikan oleh Johnny Mercer pada 1969.

Menurut laporan Ace Showbiz, nama pria yang juga dikenal dengan sebutan The Jiggaman itu masuk Songwriters Hall of Fame bersama Max Martin, penulis 22 lagu yang berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100.

Selain keduanya, kandidat lainnya yakni Jimmy Jam dan Terry Lewis, anggota Chicago, serta pendiri Motown records Berry Gordy dan Kenneth ‘Babyface’ Edmonds.


"Dengan daftar penerima tahun ini, Songwriters Hall of Fame terus bergerak nyata dalam menghargai pencipta musik abad ke-21 sambil terus memberi penghormatan mereka yang hebat dari dekade sebelumnya," kata Kenneth Gamble, perwakilan Songwriters Hall of Fame.

Terkait penobatan dirinya dalam Songwriters Hall of Fame, Jay Z pun bereaksi melalui sebuah cuitan di akun Twitter-nya.



"Ini adalah kemenangan bagi AS, saya ingat ketika rap disebut sebagai musik main-main. Sekarang ini, kami sama dengan sejumlah penulis hebat dalam sejarah," katanya.

Gitaris band CHIC Nile Rodgers yang mengumumkan deretan nama dalam daftar tersebut di acara CBS This Morning mengatakan bahwa Jay Z telah memiliki pengaruh dalam industri musik, khususnya musik hip hop, dengan kontribusi yang besar.

"Dia telah mengubah cara kita mendengarkan musik. Dia mengubah cara kita bersenang-senang. Dia mengubah cara kita menangis," katanya.


Rodgers melanjutkan sembari mengatakan bahwa pemenang 21 piala Grammy itu 'berada dalam ruang di mana dia memiliki lebih banyak album pop daripada orang lain karena melakukannya melalui rap."

Sepanjang kariernya, Jay Z telah menjual lebih dari 100 juta rekaman termasuk lagunya yang paling hits yakni Renegade, Empire State of Mind (berduet dengan Alicia Keys), Dirt Off Your Shoulder dan Holy Grail (berduet dengan Justin Timberlake).

Sementara, penganugerahan The Hall's 48th Annual Induction and Awards Dinner akan dilakukan pada 15 Juni mendatang di The Marriott Marquis Hotel di New York City.



BACA JUGA