Kisah Cinta Thom Yorke Jadi Lagu Tersedih Radiohead

Agniya Khoiri , CNN Indonesia | Jumat, 24/02/2017 13:29 WIB
Kisah Cinta Thom Yorke Jadi Lagu Tersedih Radiohead
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang ilmuwan data, Charlie Thomson mengungkapkan bahwa lagu berjudul True Love Waits menjadi lagu paling sedih dari koleksi lagu-lagu milik grup Radiohead. Menurut laporan NME, Thompson mengumpulkan informasi itu dari layanan musik streaming Spotify dan menganalisis liriknya untuk menentukan lagu tersendu.

Lebih lanjut, hasil pengumpulan data itu disesuaikan dalam indeks satu sampai 100. True Love Waits kemudian muncul sebagai lagu tersedih dengan indeks Gloom 1.

"Banyak musik Radiohead yang tak bisa disangkal begitu sedih, dan analisa ini membuat saya bisa mengukur kesedihan itu, menyimpulkannya dalam data dari lagu yang paling sedih milik mereka," kata Thompson, dilansir Newshub.


Lagu True Love Waits sendiri terdapat dalam album terbaru Radiohead, A Moon Shaped Pool.

Kisah di balik lagu itu sendiri sudah terbilang sedih. Lagu itu menceritakan hubungan pentolan Radiohead, Thom Yorke dengan mantan kekasihnya, mendiang Dr. Rachel Owen. Owen meninggal pada usia 48 tahun Desember lalu, setelah berjuang melawan penyakit kanker.

Owen dan Yorke sendiri telah menjadi sepasang kekasih selama 23 tahun. Dari hubungan itu, mereka telah dikaruniai dua buah hati yang bernama Noah dan Agnes. Satu tahun sebelum Owen meninggal, keduanya memutuskan untuk berpisah pada Agustus 2015.

Radiohead masih aktif manggung hingga saat ini. Baru-baru ini mereka mengumumkan rencana tampil di Israel pada musim panas 2017, tepatnya 19 Juli mendatang di Taman Hayarkon, Tel Aviv. Namun rencana mereka tersandung kontroversi yang beredar.


Banyak yang mendesak agar Radiohead ikut memboikot Israel sebagai bentuk protes terhadap kependudukannya atas Palestina. Jika demikian, sebaiknya Radiohead tidak tampil di sana. Boikot lain ‘digalakkan’ di kalangan perfilman. Pemenang Oscar tahun lalu yang mendapat hadiah liburan mewah ke Israel, ‘dipaksa’ untuk tidak menggunakannya.

Berikut daftar lagu sedih dari Radiohead, berdasarkan analisa Charlie Thompson:


1. True Love Waits
2. Give Up The Ghost
3. Motion Picture Soundtrack
4. Let Down
5. Pyramid Song
6. Exit Music (For a Film)
7. Dollars & Cents
8. High And Dry
9. Tinker Tailor Soldier Sailor Rich Man Poor Man
10. Videotape