Damien Chazelle Jadi Sutradara Terbaik Oscar Paling Muda

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Senin, 27/02/2017 13:18 WIB
Damien Chazelle Jadi Sutradara Terbaik Oscar Paling Muda Damien Chazelle menjadi sutradara paling muda yang memenangkan Sutradara Terbaik dalam Oscar. (Foto: Paul Drinkwater/Courtesy of NBC/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara La La Land Damien Chazelle menyabet Piala Oscar pada kategori Sutradara Terbaik. Kemenangan ini sekaligus menjadikannya sebagai sutradara termuda yang pernah meraih penghargaan ini.

Saat memenangkan Piala Oscar kali ini, Chazelle tengah berusia 32 tahun lebih 38 hari. Sementara rekor sutradara termuda di sepanjang sejarah Academy Award sebelumnya dipegang oleh sutradara film Skippy, Norman Taurog, yang saat itu berumur 32 lebih 260 hari. Chazelle mematah rekor Taurog yang menerima penghargaan itu pada 1931 atau 86 tahun silam.

"Terima kasih untuk sutradara lain, yang filmnya menjadi inspirasi saya," kata Chazelle.



Chazelle juga mengaku membuat La La Land saat sedang jatuh cinta pada kekasihnya, Olivia Hamilton. "Ini film tentang cinta dan saya beruntung karena sedang jatuh cinta ketika membuatnnya," tuturnya.

Chazelle berhasil mengalahkan sutradara kawakan lain yang masuk dalam nominasi kategori Sutradara Terbaik tahun ini, yakni Denis Villeneuve (Arrival), Mel Gibson (Hacksaw Ridge), Kenneth Lonergan (Manchester by the Sea), Barry Jenkins (Moonlight).

Kemenangan Chazelle merupakan piala ke-lima untuk La La Land. Film bergenre drama musikal yang dibintangi Ryan Gosling dan Emma Stone itu juga telah memenangkan kategori Desain Produksi Terbaik, Sinematografi Terbaik, Scoring Orisinal Terbaik, dan Musik Orisinal Terbaik.


Setelah pengumuman kemenangan Chazelle, nama Emma Stone disebut sebagai Aktris Utama Terbaik ajang bergengsi industri perfilman itu.

Ini merupakan Piala Oscar pertama bagi Chazelle. Dua tahun lalu, ia masuk nominasi sutradara terbaik untuk Whiplash. Tahun ini, lulusan Harvard University itu telah meraih penghargaan sutradara terbaik di ajang Golden Globe dan BAFTA, serta sutradara berprestasi dari Directors Guild of America.

(res/res)