Festival Glastonbury Jadi Korban Hoax

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Selasa, 07/03/2017 23:19 WIB
Festival Glastonbury Jadi Korban Hoax Biasanya jadwal Glastonbury tidak muncul hingga mendekati waktu acara, namun sebuah laman 'membocorkan' susunan pengisi acara festival ruang terbuka itu. (Wikimedia Commons/jaswooduk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Festival musik dan seni di tempat terbuka terbesar di dunia, Glastonbury, ternyata bisa jadi korban hoax alias kabar palsu. Baru-baru ini, sebuah laman informasi konser merilis jadwal lengkap edisi akhir pekan Glastonbury tahun ini dari 23 hingga 25 Juni 2017.

Biasanya, jadwal penampilan pengisi Glastonbury tidak akan muncul hingga di pekan menjelang festival yang sudah berlangsung sejak 1970 tersebut.

Namun, laman informasi Clashfinder justru merilis daftar penampil Glastonbury secara lengkap, mulai dari nama artis, lokasi panggung, hingga jam tampil pengisi acara.



Melansir Telegraph, dalam rilis versi Clashfinder tersebut terdapat beragam nama musisi besar yang akan 'tampil' dalam Glastonbury.

Beberapa nama tersebut seperti Radiohead, Foo Fighters, hingga musisi yang lama digosipkan jadi penampil di Glastonbury yaitu Ed Sheeran, Diana Ross, dan Lorde.

Seperti pada jadwal pada Jumat 23 Juni yang 'bocor' di Clashfinder, musisi seperti Clean Banditt, Craig David, dan Radiohead tertulis tampil di panggung Pyramid Stage, panggung utama Glastonbury.

Kemudian, nama adik diva pop Beyonce, Solange, juga tercatut dalam rilis pengisi acara Glastonbury versi 'bocor' tersebut. Solange tertulis tampil pukul 20.30 di panggung West Hols.


Yang paling menarik perhatian adalah jadwal Minggu 25 Juni. Di hari itu, tertulis diva senior Diana Ross tampil dipanggung Pyramid pukul 16.20, disusul Lorde pukul 18.00, dan Ed Sheeran dijadwalkan unjuk gigi pukul 21.45.

Namun, kebenaran rilis dari Clashfinder memang diragukan mengingat laman tersebut dapat disunting oleh publik.


Pihak Glastonbury pun memberikan konfirmasi bahwa informasi yang beredar di internet tersebut tidak benar. Hal ini diketahui dari twitter penyelenggara Glastonbury, Emily Eavis.

"Jangan percaya apapun yang Anda baca, daftar pengisi acara kami tidak bocor. Susunan pengisi acara akan Anda tahu sebentar lagi! #fakenews"



Melansir laman resmi Glastonbury, sejauh ini baru band Foo Fighters yang sudah memberikan kepastian akan tampil di festival yang dihadiri ribuan orang tersebut.

"Kami dengan bangga mengonfirmasi bahwa Foo Fighters akan jadi pengisi acara di malam Sabtu dari Festival Glastonbury tahun ini pada 24 Juni," tulis laman Glastonbury.

"Kami sangat beruntung memiliki Foo Fighters jadi penampil utama pada Sabtu malam tahun ini, jelas sangat kecewa ketika mereka mundur dari Glastonbury pada 2015 lalu, dan segala pikiran, usaha, serta kemurahan hati mereka dalam pengumuman ini rasanya sangat luar biasa," tulis Emily dalam pengumuman itu.

[Gambas:Youtube] (end)