Album Baru Monsta X Curi Perhatian Jepang Hingga Amerika

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 23/03/2017 20:56 WIB
Album Baru Monsta X Curi Perhatian Jepang Hingga Amerika Album baru Monsta X merajai tangga lagu di Jepang dan Amerika Serikat. (Foto: AFP PHOTO / Philippe Lopez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband asal Korea Selatan, Monsta X, merilis album studio perdana The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter pada Selasa (21/3) lalu. Album tersebut berhasil mencuri perhatian Amerika dengan memuncaki tangga album iTunes di negara itu.

Melansir Soompi, pada Rabu (22/3) kemarin, agensi yang menaungi Monsta X, Starship Entertainment, mengungkapkan bahwa album The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter sukses memuncaki sejumlah tangga album domestik, seperti Hanteo Charts dan Synnara Record Charts.

"Begitu juga tangga album iTunes Amerika Serikat dan tangga album K-pop di Jepang. Kami sepakat bahwa antisipasi dan ketertarikan untuk kembalinya grup ini lumayan tinggi," ujar perwakilan Starship Entertainment.



Monsta X merayakan kembalinya mereka dengan menggelar pertunjukan bertajuk "Monsta X Beautiful Comeback Show." Grup yang digawangi Shownu, Wonho, Minhyuk, Kihyun, Hyungwon, Jooheon, dan I.M ini pun menyiarkan acara itu melalui aplikasi siaran Naver V-App secara langsung.

[Gambas:Youtube]

Dalam pertunjukan itu, Monsta X menampilkan lagu utama mereka Beautiful, dan sebuah lagu ciptaan Wonho yang dipersembahkan untuk para penggemar berjudul I'll Be There. Selama penampilan itu berlangsung, mereka berhasil mendapatkan respons "hati" sebanyak 54 juta.

Album studio perdana Monsta X yang berisi 10 judul lagu baru itu dinilai bersuara lebih energik, sesuai dengan ciri khas boyband tersebut. Album ini memiliki melodi yang elegan dengan nuansa dan irama musik hip hop yang kental.


Yang paling membuat bangga para Monbebe--julukan fan Monsta X--adalah fakta bahwa rapper sekaligus personel termuda, I.M, terlibat dalam penulisan lirik kesepuluh lagu. Sementara Jooheon dan Wonho juga ikut serta dalam pembuatan sebagian besar lagu tersebut.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah tertarik pada album studio perdana Monsta X dan kami akan melakukan yang terbaik untuk membuat penampilan luar biasa. Kami berharap Anda akan terus memberikan Monsta X cinta dan dukungan," ujar perwakilan Starship Entertainment itu.


Rekam Jejak

Monsta X merupakan grup vokal pria yang dibentuk Starship Entertainment melalui sebuah acara program televisi dengan konsep kompetisi bertajuk No. Mercy. 

No. Mercy. terbukti ampuh dalam menaikkan nama para personel Monsta X. Masing-masing dari mereka sudah memiliki penggemar, bahkan sebelum nama grup mereka dibuat oleh Starship Entertainment.

Shownu dkk akhirnya debut pada Mei 2015 dengan lagu berjudul 
TrespassPromosi musik Monsta X berlanjut dengan lagu Rush dan Hero. 

Dari karya-karya awal ini, mereka memenangkan berbagai penghargaan prestisius, seperti Next Generation Artist di 30th Golden Disk Awards dan Mnet Asian Music Awards, 1TheK Performance Award di MelOn Music Awards 2015, dan Male Dance Performance Award di Seoul Music Awards 2015. 



Album 
The Clan Part.1 Lost dan The Clan 2.5 Part.2 Guilty juga sukses mengangkat nama grup ini. Lagu All In dan Stuck dari album The Clan Part.1 Lostserta lagu Fighter dan Be Quiet dari album The Clan 2.5 Part.2 Guilty dipilih untuk dipromosikan. 

Hasilnya, album itu sukses bertengger selama dua pekan di posisi ke-lima dalam Billboard's World Album Charts. Lagu-lagu mereka juga berhasil menduduki posisi terbaik di tangga musik di Korea Selatan dan Jepang, serta tangga lagu iTunes di berbagai negara. 


Tak hanya itu, seluruh tiket konser pertama mereka, Monsta X The First Live "X CLAN ORIGINS" ludes dalam waktu kurang dari lima menit setelah penjualan dibuka. Baru-baru ini, Monsta X berhasil menyabet penghargaan Best of Next Award (Male) di Mnet Asian Music Awards 2016.