'Takuti' Satu Juta Penonton, Danur Masuk Rekor MURI

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 06/04/2017 16:48 WIB
'Takuti' Satu Juta Penonton, Danur Masuk Rekor MURI Film Danur menembus satu juta penonton. (Courtesy MD Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Baru dirilis 30 Maret lalu, film Danur sanggup melewati angka satu juta penonton, angka 'keramat' indikator kesuksesan film Indonesia. Dan karena capaian tersebut, film tentang petualangan gaib Prilly Latuconsina ini diganjar rekor MURI.

Pihak MD Pictures, selaku rumah produksi induk yang menaungi Pichouse Film, mengklaim film yang diangkat dari buku karya Risa Saraswati berjudul Gerbang Dialog Danur itu telah 'menakuti' 1.196.583 penonton per Rabu (5/4).
Padahal, laman filmindonesia.or.id per Sabtu (2/4) masih mencatat Danur baru ditonton 83,1 ribu orang.

Pesatnya pertumbuhan jumlah penonton ini membuat Jaya Suprana selaku Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan penghargaan pada film tersebut.


"Mewakili MURI, saya menganugerahkan atas sebuah film horor dengan penonton terbanyak sepanjang sejarah," ujar Jaya Suprana saat konferensi pers di gedung MD, Jakarta, Kamis (6/4).
Jaya turut mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan MURI tersebut terasa berbeda, karena ada lima kursi kosong yang disediakan untuk teman tak kasat mata Risa.

Di lima bangku kosong itu pun diletakkan barang-barang yang disebut kesukaan para sahabat gaib Risa, yaitu cheese cake, kue coklat, pot bunga, buku not, dan boneka ayam.
Prosesi penyerahan penghargaan MURI untuk film Danur di MD Building, Jakarta, Kamis (6/4).Prosesi penyerahan penghargaan MURI untuk film Danur di MD Building, Jakarta, Kamis (6/4). (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
"Ini peristiwa penganugerahan MURI ke 7800 sepertinya dan satu-satunya yang dianugerahkan di hadapan lima kursi kosong. Itu belum pernah terjadi di dunia. Conjuring pun saya rasa tidak," katanya.
Manoj Punjabi, selaku pemilik MD Pictures menyebut bahwa film Danur diproduksi dengan tujuan mengubah imej film horor Indonesia yang selama ini kadung memiliki pemain berpakaian seronok.

Manoj menyatakan selama pembuatan film sempat ditunda menunggu pemeran utama serta mematangkan naskah film.

"Dengan formula beda, ini soal treatment bukan asal keluar setan begitu saja. Kami pun pakai pemain film papan atas, dan saya sudah feeling ini akan lebih dari satu juta," katanya.
Film Danur yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini mengisahkan pengalaman pribadi Risa Saraswati yang memiliki kemampuan lebih dibanding orang lain.

Risa menyebut dalam novelnya dia bersahabat dengan lima hantu anak-anak sejak usia delapan tahun.

Kisah Risa itu kemudian diadaptasi oleh Lele Laila, Ferry Lesmana, dan Risa sendiri ke film yang kemudian digarap oleh Awi Suryadi selaku sutradara.