Risa Saraswati Sempat Tak Bisa Bedakan Hantu dan Manusia

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 06/04/2017 20:36 WIB
Risa Saraswati Sempat Tak Bisa Bedakan Hantu dan Manusia Penulis buku 'Danur,' Risa Saraswati, mengaku pernah tidak bisa membedakan hantu dan manusia. (Foto: Courtesy MD Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki kemampuan khusus melihat hantu sedari kecil, penulis buku Danur, Risa Saraswati mengaku sempat tak bisa membedakan sosok hantu dengan manusia. Beruntung, dia memiliki lima 'teman' yang kemudian membantunya mengetahui apa yang dia lihat dan ada sesuatu yang berbeda.

Risa menceritakan soal bantuan teman-temannya yang bernama Peter, William, Jansen, Hans, dan Hendrick itu usai konferensi pers satu juta penonton untuk film Danur di Gedung MD, Jakarta, Kamis (6/4).

"Sudah dari kecil saya komunikasi dengan mereka. Dulu enggak bisa bedakan hantu dengan orang, saking terlihat jelas. Bahkan lihat kuntilanak saya kira orang gila, akhirnya anak-anak yang kasih tahu kalau yang saya lihat itu beda. 'Ada yang berbeda dari yang kamu lihat,’” ujarnya.



Kedekatan Risa dengan lima temannya itu memang berlangsung hingga saat ini. Mereka tidak hanya membantu Risa untuk mengenali sosok gaib di sekitarnya, tapi juga memberikan masukan pada setiap langkah yang diambilnya. Tak heran bila kedekatan mereka seperti persahabatan pada umumnya.

Namun, seperti yang diketahui, film Danur yang diadaptasi dari kehidupannya dan teman-teman itu, hanya menyertakan tiga karakter yakni Peter, William dan Jansen. Sementara dua lainnya, Hans dan Hendrick, tidak disertakan. Hal itu pun kemudian membuat mereka marah.

"Yang tiga ini mengejek ke Hans dan Hendrick, 'Kami sudah jadi superstar, sedangkan kalian tidak ada di sana.' Rumah saya pun hancur berantakan, karena [Hans dan Hendrick] mengambek," kata Risa.


Tidak hanya Risa yang menjadi pelampiasan kemarahan Hans dan Hendrick, pemeran dirinya dalam film Danur, Prilly Latuconsina pun mengaku mengalami hal serupa.

"Lukisan di kamar tiba-tiba jatuh, dan yang saya lihat memang seperti Hans dan Hendrick, saya bilang ke Kak Risa dan dia juga mengalami hal yang sama," katanya.

Sementara, Manoj Punjabi selaku produser film itu mengungkapkan alasan hanya tiga karakter yang dimasukkan. Menurutnya, hal itu dilakukan agar fokus cerita tidak terlalu bercabang.


Dengan adanya kejadian itu, Manoj menjanjikan akan menyertakan sosok Hans dan Hendrick di sekuel film Danur yang kini siap dibuat. Ia menuturkan, film lanjutan Danur akan mengadaptasi buku karya Risa yang berjudul Maddah.

"Kami siap dengan Maddah, Danur 2. Rilis 29 Maret 2018 dan siap dengan lima hantu yang ada di cerita aslinya," ujarnya.