Beyonce Hingga Westlife Pernah Konser di Manchester Arena

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 23/05/2017 12:07 WIB
Beyonce Hingga Westlife Pernah Konser di Manchester Arena Foto: Paul Gillett via geograph.org.uk (CC BY-SA 2.0)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester Arena merupakan ruangan tertutup dengan kapasitas terbesar di Inggris dan kedua di Uni Eropa. Arena yang terletak di utara pusat kota Manchester itu dapat menampung hingga 21 ribu orang. 

Disebut-sebut sebagai salah satu arena tersibuk di dunia, jadwal padatnya sangat beragam, mulai dari konser musik, pertandingan olahraga, hingga beragam pertunjukan seni. Sejak berdiri pada 1995, arena ini sudah menjadi saksi bisu konser musisi kelas dunia.

Tak heran jika, arena ini dipilih penyanyi populer Amerika Serikat Ariana Grande untuk memulai tur di Eropa. Namun, konser pada Senin malam (22/5) itu berubah jadi aksi teror yang menelan nyawa tak berdosa.
 

Bahkan setelah Ariana, arena ini juga dijadwalkan akan menjadi tempat gelaran konser Celine Dion dan Lady Gaga tahun ini. CNNIndonesia.com merangkum daftar musisi yang pernah menghelat konser di Manchester Arena.

1. Take That
Grup pop asal Inggris, Take That, mendapatkan rekor dari Manchester Arena sebagai penampil terbanyak. Dia sudah tampil di lokasi itu sebanyak 38 kali.

Grup yang digawangi Gary Barlow, Mark Owen, dan Howards Donald itu mengungguli Westlife yang tampil sebanyak 44 kali dan Kylie Minogue sebanyak 30 kali penampilan.

Tak heran jika pelantun Back for Good itu sering tampil di Manchester Arena, pasalnya mereka memang berasal dan dibentuk di Manchester.
Take That bahkan masih menyisakan konser di Manchester Arena yang bakal digelar pada 25, 26, dan 27 Mei mendatang.

2. Kylie Minogue
Penyanyi yang berusia 48 tahun asal Australia itu jadi pemegang rekor sebagai penampil perempuan terbanyak di Manchester Arena. Arena itu juga menjadi tempat Minogue paling sering menggelar konser. 

Dia rutin menggelar konser di gelanggang itu sejak 2002 hingga 2014. Totalnya, Minogue sudah menghibur lebih dari 400 ribu penggemar di Manchester Arena. Pelantun lagu Can't Get You Out of My Head itu bahkan diberi gelar 'Ratu yang Tak Diragukan' di Manchester Arena.

3. Westlife
Boyband asal Irlandia ini juga rutin menggelar konser di Manchester Arena. Mereka berada di peringkat kedua penampil terbanyak. Hanya terpaut sebelas penampilan dari pemegang rekor, Take That. 

Westlife terhitung sudah tampil di Manchester sebanyak 33 kali. Westlife debut tampil di 2001 dalam Where Dreams Come True Tour. Mereka juga menjadikan Manchester Arena dalam Greatest Hits Tour sebagai konser perpisahan mereka.

4. Britney Spears
Penyanyi Amerika Serikat ini pernah tampil di panggung Manchester Arena pada 6 November 2011. Konser itu merupakan bagian dari Femme Fatale Tour untuk mempromosikan album ke-tujuh Spears.


Manchester Arena dipilih sebagai lokasi konser di Manchester, Inggris.
Spears pernah menyebut Femme Fatale Tour merupakan penampilan terbaik sepanjang karirnya yang dimulai sejak 1992. 

5. Beyonce
Beyonce tercatat pernah lima kali menggelar konser di Manchester Arena. Pelantun Lemonade itu pertama kali tampil dalam Dangerously in Love Tour pada 2003, Destiny Fulfilled...and Lovin' It di 2005, The Beyoncé Experience di 2007 dan the I Am... World Tour di 2009.

Setelah itu dia kembali pada The Mrs. Carter Show World Tour pada 7, 8 dan 9 Mei 2013. Dia kembali pada 25 dan 26 Februari 2014. Dua konser Beyonce yang terakhir ini ludes terjual. Konser itu bahkan menjadi konser dengan penjualan tiket tercepat sepanjang sejarah Manchester Arena.

Selain nama-nama itu, Manchester Arena juga dijadwalkan menggelar konser untuk Linkin Park, Celine Dion, Radiohead, John Legend, Metallica hingga Lady Gaga. Konser itu rencananya bakal digelar mulai dari Juni hingga penghujung tahun ini.