Akhir Perjuangan Tiga Tahun Jupe Melawan Kanker Serviks

Vetriciawizach, CNN Indonesia | Sabtu, 10/06/2017 13:54 WIB
Akhir Perjuangan Tiga Tahun Jupe Melawan Kanker Serviks Julia Perez pertama kali dinyatakan kanker serviks pada pertengahan 2014 lalu. Setelah tiga tahun berjuang, Jupe mengembuskan nafas terakhir. (Detikcom/detikHOT/Palevi S)
Jakarta, CNN Indonesia -- Julia Perez mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Sabtu (10/6) pagi di usia 36 tahun. Sebelumnya, aktris dan penyanyi dangdut yang akrab dipanggil Jupe itu dirawat empat bulan di RSCM.

Jupe sempat dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) setelah menjalani operasi besar pada Kamis (8/6) lalu. Diungkapkan adik Jupe, Nia Anggia, seperti dikutip dari Detik.com ada pelengketan pada di pencernaan bekas radiasi.

Jupe juga sempat membutuhkan darah sebelum meninggal dunia. Hal ini diketahui dari sahabatnya, Ruben Onsu, yang mengumumkan lewat akun media sosial jika Jupe membutuhkan darah golongan A+.


Ini bukan pertama kalinya Julia Perez dalam kondisi kritis. Pada 23 April lalu, Jupe juga sempat menjalani operasi, dan pada 6 Mei juga menjalani operasi pengangkatan pembekuan darah. Di saat-saat itu, ia kerap diterpa isu telah meninggal dunia, tapi terus berjuang melawan penyakitnya. Jupe dirawat intensif di RSCM karena kanker serviksnya mencapai stadium 4 sejak Februari 2017.

Aktris yang juga pernah menjadi presenter itu dinyatakan pertama kalinya menderita kanker serviks pada September 2014. Ia sempat bolak-balik ke Singapura untuk menjalani pengobatan mulai dari kemoterapi, operasi, hingga radiasi.

Pada awal 2015 lalu, Jupe sempat dinyatakan sembuh total. Saat itu bobot badannya turun hingga 10 kilogram dan Jupe fokus pada pemulihan. Ia kemudian aktif berkampanye untuk melawan kanker.

Hanya saja, pada pertengahan 2016 lalu ia kembali dinyatakan terkena kanker sehingga harus bolak-balik ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Dalam kondisi sakit, Jupe sempat menunaikan ibadah umrah dan berharap kesembuhan di Tanah Suci Mekah. Sekembalinya di tanah air, Jupe kembali harus dirawat di rumah sakit dan akhirnya mengembuskan napas terakhir hari ini.