'Superman' Disebut Senasib dengan 'Wonder Woman' Soal Honor

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 22/06/2017 07:14 WIB
'Superman' Disebut Senasib dengan 'Wonder Woman' Soal Honor Kabar Henry Cavill dibayar lebih tinggi saat debut di 'Man of Steel' dibantah seorang sumber. Sumber itu menyebut honor Cavill tak jauh beda dengan Gadot. (REUTERS/Eduardo Munoz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Publik sudah kepalang heboh dengan fakta si cantik Gal Gadot dibayar murah untuk menjadi Wonder Woman. Namun ternyata, Gal Gadot benar-benar tak sendirian. Sang Superman, Henry Cavill juga punya nasib yang sama.

Diberitakan Hollywood Reporter, seorang sumber yang dekat dengan proses negosiasi kedua bintang DC tersebut menyatakan bahwa Gal Gadot menerima bayaran di muka yang tidak jauh berbeda dengan Henry Cavill untuk debutnya di Man of Steel, 2013 lalu.

Hal ini membantah kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa Cavill mendapatkan uang bayaran jauh lebih tinggi untuk peran di Man of Steel, yaitu US$14 juta.



Kabar soal Cavill tersebut ternyata tidak membedakan antara bayaran di muka dengan bonus serta peningkatan performa sang aktor.

Kabar kesenjangan bayaran antara Cavill dan Gadot sempat membuat publik geger, terutama di Hollywood. Di tanah perfilman dunia itu, isu kesenjangan gaji berdasarkan gender menjadi permasalahan yang sensitif.

Sumber Hollywood Reporter menyebut bahwa kabar Cavill mendapat uang lebih tinggi dibandingkan Gadot sebagai 'kabar konyol'.

Pihak Warner Bros selaku studio enggan berkomentar soal kedua kabar ini.


Sumber tersebut mengatakan gaji aktor yang rendah hingga menengah -sekitar enam digit- adalah lumrah terjadi di Hollywood, apalagi bagi mereka yang belum banyak pengalaman seperti Gadot.

Gadot memiliki sedikit jam terbang yang berasal dari film Date Night and Knight and Day sebelum akhirnya mulai dikenal dari the Fast and Furious.

Contoh lainnya, Chris Hemsworth saat memulai debut dengan menjadi Thor pada 2011 lalu dibayar di muka US$150 ribu. Selain itu ada Adam Driver yang diberi upah US$500 ribu saat bermain dalam Star Wars: The Force Awakens.


Namun angka gaji ini di luar bonus dari perolehan box office, yang biasanya akan menjadi tolok ukur penawaran gaji selanjutnya.

Angka pendapatan aktor akan bertambah bila film tersebut dibuat sekuel, namun semua masih dapat dinegosiasikan antara rumah produksi dengan pihak aktor.

Dan mengingat kesuksesan Wonder Woman yang sudah mengumpulkan uang hingga US$574 juta, tarif Gal Gadot disebut kemungkinan akan dinegosiasikan ulang.