FOTO: Boneka 'Kembaran' Ondel-ondel dari Perancis

CNN Indonesia/Hesti Rika , CNN Indonesia | Jumat, 14/07/2017 13:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kalau Jakarta punya ondel-ondel dan Bali punya ogoh-ogoh, Perancis menyuguhkan Les Grandes Personnes, alias 'orang-orang besar' dalam seni pertunjukannya.

Perancis juga punya boneka raksasa seperti ogoh-ogoh yang biasa dibakar saat perayaan Nyepi, atau ondel-ondel yang menjadi ciri khas budaya Betawi dan Jakarta. Namun, rupa boneka itu bisa bermacam-macam dan tujuannya untuk menghibur. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Salah satu pembuat boneka raksasa itu, yang menggabungkan seni pahat dan ukir multimedia serta menggabungkan seni visual dan seni pertunjukan, adalah sanggar Les Grandes Personnes. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Sanggar itu kebetulan tengah mengunjungi Indonesia. Boneka-boneka setinggi empat meter dengan tema olahraga menghibur masyarakat di Museum Keramik Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, Kamis (13/7). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Masyarakat, terutama anak-anak, mengerubungi boneka dengan antusias. Mereka ikut bermain dan berfoto bersama di kawasan Kota Tua yang memang jadi destinasi wisata. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Les Grandes Personnes, atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai orang-orang yang besar, bukan hanya tampil di Jakarta. Mereka juga sudah keliling ke Bali dan Surabaya, menyuguhkan pentas dengan tema berbeda. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Di Bali bahkan mereka menampilkan pertunjukan yang berbeda karena bekerja sama dengan teater boneka Yaya Putra Sedana dan tarian topeng Bali. Mereka pun menampilkan perpaduan boneka raksasa dengan barong Bali. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Boneka-boneka Les Grandes Personnes memang sering beradaptasi dengan cerita populer maupun kesenian khas daerah. Boneka itu bahkan pernah menjadi ‘wahana’ bagi naskah seperti Romeo and Juliet karya William Shakespeare. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Biasanya, dalam setiap pertunjukan, Les Grandes Personnes membawa lebih dari 30 seniman beragam latar, mulai dari pelukis, seniman busana, aktor, pemain sirkus, dalang, penari, musisi, sampai perancang visual. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Les Grandes Personnes membongkar sekat pemisah seni visual dan seni pertunjukan, juga seni moderen dan seni tradisional serta antara kerajinan tangan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Teater jalanan unik yang mereka tampilkan telah berpartisipasi dalam berbagai festival di Perancis maupun negara-negara lain sejak sanggarnya dibentuk pada 1998 di Paris. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Pauline de Coulhac sutradara pertunjukan mengatakan, Les Grandes Personnes terus mencari inovasi baru, termasuk mencari bahan untuk mengurangi berat boneka sehingga itu nantinya juga bisa dikendalikan oleh anak-anak. (CNN Indonesia/Hesti Rika)