Musisi yang Kantongi Ratusan Miliar Rupiah Sepanjang 2016

Puput Tripeni Juniman , CNN Indonesia | Minggu, 16/07/2017 20:00 WIB
Musisi yang Kantongi Ratusan Miliar Rupiah Sepanjang 2016 Adele mengantongi miliaran rupiah dari tur konser. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Billboard baru merilis deretan penyanyi dengan bayaran tertinggi sepanjang tahun terakhir. Pendapatan itu dihitung berdasarkan penjualan lagu, layanan streaming, publikasi, dan tur konser. Rata-rata, sumbangsih terbesar datang lewat gelaran tur konser dari kota ke kota.

Berikut lima penyanyi dengan penghasilan tertinggi di dunia pada 2016:

1. Beyonce

Tahun 2016, tampaknya jadi masa penuh berkah bagi Queen Bey. Selain dianugerahi kehamilan anak kembar, istri Jay-Z ini juga berhasil menjadi penyanyi dengan penghasilan terbanyak.

Beyonce berhasil mendapatkan US$62,1 juta atau sekitar Rp825 miliar, unggul jauh dari penyanyi lainnya. ‘Formation World Tour’ yang digelar dalam rangka mempromosikan album ke-enamnya yang berjudul Lemonade, menyumbangkan sebesar US$54,7 juta (Rp727 miliar).
Beyonce mendapat banyak uang dari Formation World Tour.Beyonce mendapat banyak uang dari Formation World Tour. (Larry Busacca/Getty Images for NARAS/AFP)
2. Guns N' Roses

Meski terakhir kali merilis album pada 2008, nama besar Guns N' Roses tak bisa dilupakan begitu saja. Band kawakan yang terbentuk pada 1985 itu berhasil mengumpulkan US$42,3 atau Rp562 miliar sepanjang tahun 2016.

Sekitar 95 persen dari pemasukan itu datang dari tur yang sampai saat ini masih berlangsung. Sedangkan penjualan lagu, layanan streaming, dan publikasi rata-rata hanya mendapatkan US$600 atau Rp7,9 miliar.

3. Bruce Springsteen
Bruce Springsteen masih bertaji mengumpulkan pundi-pundi uang.Bruce Springsteen masih bertaji mengumpulkan pundi-pundi uang. (REUTERS/Carlo Allegri)
Menyusul di belakang Guns N' Roses, ada penyanyi senior lainnya yang juga masih bertaji mengumpulkan pundi-pundi uang. Springsteen mendapatkan US$42,2 juta atau Rp561 miliar.

Sekitar 95 persen di antara penghasilan Springsteen berasal dari tur 'The River' yang digelar dalam rangka merayakan 35 tahun rilisnya album yang berjudul sama.

4. Drake

Setelah mendominasi tangga lagu dunia, pelantun Hotline Bling ini menjadi penyanyi dengan sumbangsih terbesar dari layanan sreaming. Dari total pendapatan US$37,3 juta (Rp496 miliar), setengah di antaranya yakni US$18,1 juta (Rp240 miliar) berasal dari streaming.

5. Adele

Peraih 15 piala Grammy Awards ini berada di peringkat ke-lima dengan pendapatan US$37 juta atau Rp492 juta. Pelantun lagu Hello yang tak ingin lagi menjalankan konser tur ini, justru mendapat pemasukan terbesar dari turnya, yakni senilai US$28,3 juta (Rp376 miliar).

Selain lima sosok itu, Coldplay, Justin Bieber, Luke Bryan, Kanye West, dan Kenny Chesney berturut-turut ada di peringkat enam hingga sepuluh musisi berpendapatan tertinggi.
Meski tak menyukai konser tur, Adele justru mendapat banyak uang dari situ.Meski tak menyukai konser tur, Adele justru mendapat banyak uang dari situ. (REUTERS/Mario Anzuoni)