John Bernecker, Aktor yang Tewas di Set 'The Walking Dead'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Sabtu, 15/07/2017 18:17 WIB
John Bernecker, Aktor yang Tewas di Set 'The Walking Dead' John Bernecker, pemeran pengganti yang meninggal di The Walking Dead. (Dok. Facebook John Bernecker)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama John Bernecker hampir tak pernah ada di awal credit title film. Ia kebanyakan menjadi pemeran pengganti untuk adegan-adegan berbahaya. Tapi kini, ia menjadi berita utama.

Bernecker meninggal pada Kamis (13/7) setelah mengalami kecelakaan di lokasi syuting.

Rabu (12/7), ia tengah bekerja seperti biasa di Georgia. Saat itu ia sedang menjadi pemain pengganti untuk serial The Walking Dead. Ia diharuskan melompat dari balkon dan menjatuhkan diri ke matras tebal dan empuk. Tingginya lebih dari enam meter.



Rekannya, aktor Austin Amelio mengatakan Bernecker terlihat gugup sebelum melompat. Ia mengaku sudah sering melompat dari ketinggian, tapi tidak pernah setinggi itu.

Asisten sutradara, Matthew Goodwin menuturkan, Bernecker tidak melakukan ancang-ancang yang nyaman. Ia pun terbanting ke bawah balkon dan pegangannya ke teralis terlepas.

Alih-alih mendarat di matras, Bernecker jatuh ke permukaan yang keras. Kepalanya terbentur dan mengalami cedera serius. Ia berdarah dari kepala, hidung serta telinga. Bernecker juga tak sadarkan diri saat dilarikan ke rumah sakit Atlanta Medical Center dengan ambulans.



Setelah dirawat secara intensif, Bernecker mengembuskan napas terakhir. Ia meninggal seorang kekasih, Jennifer Cocker yang tak terima dan menganggap kematian Bernecker adalah kesalahan tim produksi yang tidak memastikan keamanan lokasi syuting The Walking Dead.

Agensi utama sang aktor, SAG-AFTRA kini pun tengah menginvestigasinya, meski tim produksi telah memastikan semua aman dan aktor serta kru yang dilibatkan sangat profesional.

“Seperti biasa, keselamatan dan keamanan anggota kami dan lainnya di set film menjadi perhatian penting bagi kami, dan kami fokus pada investigasi ini,” kata SAG-AFTRA. Kepada Variety yang dikutip Vox, perwakilannya melanjutkan bahwa mereka turut berduka cita.


Sementara investigasi berjalan, AMC yang memproduksi The Walking Dead menyatakan aktivitas pengambilan gambar untuk episode ke-delapan dihentikan, belum diketahui sampai kapan.

Bernecker merupakan pemeran pengganti yang profesional.

Ia pernah terlibat menjadi pemeran pengganti di beberapa film besar seperti Contraband, Battleship, Looper, Olympus Has Fallen, Escape Plan, Percy Jackson: Sea of Monsters, The Hunger Games: Catching Fire, 22 Jump Street, Teenage Mutant Ninja Turtles, The Hunger Games: Mockingjay Part 1 dan Part 2, Goosebumps, Get Out, 24: Legacy, The Fate of the Furious, bahkan Black Panther.

Ia juga menjadi aktor di film Logan, The Last Witch Hunter, Fantastic Four, dan serial True Detective. Pemuda 33 tahun itu mengawali kariernya sekitar 2008 hingga sekarang.