logo CNN Indonesia

Lima Girlband Korea Paling Berpengaruh di Dunia

, CNN Indonesia
Lima Girlband Korea Paling Berpengaruh di Dunia
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepuluh tahun terakhir, musik pop Korea atau lebih dikenal dengan K-Pop memberi warna baru untuk dunia musik internasional. Kehadiran boyband dan girlband asal Negeri Ginseng itu memunculkan idola baru yang memberikan banyak pengaruh.

Billboard baru saja merilis girlband asal Korea Selatan yang paling berpengaruh dalam satu satu dekade terakhir. Girlband itu dipilih atas pendapat dari pengamat.

1. Girls' Generation
SNSD disebut sebagai girlband paling berpengaruh dari Korsel.SNSD disebut sebagai girlband paling berpengaruh dari Korsel. (Dok. SM Entertainment)
Tahun ini tepat satu dekade girlband yang juga dikenal dengan SNSD itu berkarya di dunia K-Pop. Girlband yang awalnya terdiri dari sembilan wanita ini membawakan lagu pop yang feminin dengan gaya energik, mulai dari Gee hingga nyanyian EDM Catch Me if You Can.

[Gambas:Youtube]

2. 2NE1

Girlband yang beranggotakan empat perempuan ini menempati posisi ke-dua di bawah SNSD. Mereka dianggap berkarisma sejak lagu debut mereka Fire, pada 2009.

Album terakhir 2NE1, Crush yang dirilis pada 2014 berhasil menempati ranking tertinggi untuk kategori album Korea di Billboard 200 selama dua tahun, sebelum digeser BTS pada Oktober tahun lalu.

[Gambas:Youtube]

3. Wonder Girls
Wonder Girls mendominasi industri K-Pop lewat suara modern retropop.Wonder Girls mendominasi industri K-Pop lewat suara modern retropop. (Jason Merritt/Getty Images/AFP)
Wonder Girls masih tercatat sebagai girlband paling berpengaruh meski sudah menyatakan bubar awal tahun ini. Mereka mendominasi industri K-Pop lewat suara modern retropop.

Di pertengahan kariernya, Wonder Girls sempat mengalami kemunduran. Namun, mereka mengulang kembali suksesnya dan memperbaiki nama baik Wonder Girls.

[Gambas:Youtube]

4. Brown Eyed Girls

Di awal kariernya pada 2006, Brown Eyed Girls menyembunyikan wajah mereka dari publik, lalu muncul perlahan. Mereka dianggap sebagai girlband dengan pertunjukan musikal yang inovatif. Brown Eyed Girls juga mencatatkan namanya sebagai girlband terlama tanpa adanya perubahan anggota.

[Gambas:Youtube]

5. After School

After School sudah tak lagi merilis musik sejak 2014, tapi pengaruh mereka masih dianggap besar di K-Pop. Mereka terkenal dengan penampilannya dengan marching band dan tari erotis.

[Gambas:Youtube]

Selain lima girlband ini, Kara, f(x), 4Minute, Apink, dan Miss A juga dianggap pengamat memberikan banyak pengaruh terhadap industri K-Pop selama satu dekade terakhir.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video