Manusia Laba-laba Dikalahkan Kera yang Pintar Berbicara

Rizky Sekar Afrisia , CNN Indonesia | Senin, 17/07/2017 09:07 WIB
Manusia Laba-laba Dikalahkan Kera yang Pintar Berbicara War for the Planet of the Apes unggul di box office Hollywood. (Dok. 20th Century Fox)
Jakarta, CNN Indonesia -- Spider-Man: Homecoming boleh jadi film pahlwan super yang ditunggu-tunggu. Namun akhir pekan lalu, manusia laba-laba dikalahkan oleh kera pintar yang berbicara.

Seperti diberitakan Reuters, War for the Planet of the Apes unggul di box office Hollywood akhir pekan lalu, meski penghasilannya sendiri tidak sesuai ekspektasi.

Film pamungkas dari trilogi perang manusia dengan kera yang dibintangi Andy Serkis itu, meraup US$56,5 juta atau Rp752 miliar dari 4.022 bioskop di Amerika dan Kanada.


Aksi Caesar sebagai panglima perang para kera di film itu, ditargetkan mencapai US$60 juta  hingga US$65 juta. Namun ia berakhir di angka US$50 jutaan pada debutnya. Angka itu sama seperti film pertamanya, Rise of the Planet of the Apes (2011) yang dapat US$54,8 juta.

Film ke-dua, Dawn of the Planet of the Apes (2014) punya penghasilan debut akhir pekan yang lebih fantastis. Film itu meraup US$72,6 juta saat pertama debut. Saingannya saat itu adalah Transformers: Age of Extinction, yang sudah menempati pekan ke-tiga di bioskop.

Salah satu yang membuat War for the Planet of the Apes ditonton banyak orang adalah ulasan yang bagus mengenai film yang disutradarai Matt Reeves itu. Ia tidak ikut menggarap Rise of the Planet of the Apes, baru ikut andil menyukseskan Dawn of the Planet of the Apes.

Namun dengan sukses Reeves membuat pamungkasnya terkait dengan kedua film sebelumnya.

[Gambas:Youtube]

Film itu sendiri baru tayang di Indonesia pada Rabu (26/7) mendatang.

Akibat kesuksesan War for the Planet of the Apes itu, Spider-Man: Homecoming yang memamerkan Spider-Man baru Marvel yang dibintangi Tom Holland, berakhir di peringkat ke-dua box office. Pendapatannya US$45,2 juta, turun sekitar 61 persen dari pekan lalu.

Namun di box office film itu sudah meraup US$208,3 juta atau sekitar Rp2,7 triliun.

Angka itu sudah jauh melebihi seluruh penghasilan The Amazing Spider-Man 2.


Di tempat ke-tiga di bawah Spider-Man, ada penjahat taubat Gru yang cerita tentang kembarannya baru terungkap di Despicable Me 3. Film animasi yang masih melibatkan makhluk kuning berbahasa aneh, minions itu menghasilkan US$19 juta dari akhir pekan lalu.

Di bawahnya, ada Baby Driver yang mengantongi US$8,8 juta. Lima besar box office Hollywood pekan lalu ditutup oleh film komedi independen The Big Sick yang mendapat US$7,6 juta.

Itu tergolong prestasi yang cemerlang bagi film independen.

“Luar biasa bahwa film independen ini menemukan pijakannya di tengah film keluarga di antara semua blockbuster musim panas. Komedi dan tema yang universal menghubungkan penonton di seluruh negara,” ujar kepala pemasaran dan distribusi Amazon, Bob Berney.