Artis, Umpan Ampuh Meningkatkan Penjualan Jasa Umrah

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Sabtu, 29/07/2017 10:57 WIB
Sosok terkenal dan dianggap memiliki kepribadian Islami, membuat sejumlah artis kerap disasar pebisnis untuk menjadi model iklan umrah. Sosok terkenal dan dianggap memiliki kepribadian Islami, membuat sejumlah artis kerap disasar pebisnis untuk menjadi model iklan umroh. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena sejumlah pesohor papan atas menjadi ‘model iklan’ jasa layanan umrah atau pun haji ternyata diakui ampuh menjadi umpan bagi bisnis ibadah tersebut. Tidak lain demi meningkatkan keuntungan bisnis.

"Memang sudah lama sekali diketahui, dari banyak penelitian, selebriti mampu jadi magnet yang luar biasa bagi masyarakat dan meningkatkan penjualan," kata pengamat sosial budaya Universitas Indonesia Devie Rahmawati kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Sejumlah selebriti Indonesia kerap mengisi iklan beberapa perusahaan jasa pelayanan umrah, seperti Laudya Cynthia Bella, Teuku Wisnu, Dewi Sandra, dan Tommy Kurniawan.


Pun, bukan hanya menjadi ‘bintang iklan’ semata, sejumlah artis terjun langsung mendirikan jasa pelayanan umroh seperti yang dilakukan Sahrul Gunawan sejak 2005 silam.

Devie menjelaskan, para pebisnis umroh dan haji plus melirik selebriti untuk mempromosikan produk yang mereka miliki.

Faktor popularitas mereka dianggap membuat masyarakat lebih mudah menerima pesan sehingga promosi berjalan efektif dan paket umrah laris manis.

Sandra Dewi yang dianggap berkarakter Islami kerap jadi sasaran pebisnis untuk dijadikan 'model iklan' umroh.Dewi Sandra yang dianggap berkarakter Islami kerap jadi sasaran pebisnis untuk dijadikan 'model iklan' umroh. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Selain itu, kata Devie, kehadiran artis juga memberikan legitimasi terhadap produk umrah tersebut.

“Kesan yang muncul adalah ‘orang terkenal saja menggunakan produk tersebut.' Pastinya produk itu akan dinilai sebagai produk yang dipercayai, bukan produk serampangan,” ujar Devie.

Memilih artis disebut Devie tidak akan dilakukan oleh pebisnis umroh secara sembarangan. Menurut dia, produsen layanan akan mencari artis yang relevan terhadap barang atau jasa yang mereka jajakan. Dalam hal umrah, maka selebriti itu perlu berkarakter ‘Islami.'

Seperti yang terjadi pada Laudya Cynthia Bella dan Dewi Sandra yang dipilih karena berhijab. Begitu pula dengan Teuku Wisnu dan Tommy Kurniawan, karena dikenal sebagai figur yang rajin beribadah.

"Pebisnis pasti akan mencari artis yang relevan dengan kegiatan spiritual untuk menambah kepercayaan terhadap jasa mereka," ucap Devie.

Dari segi selebriti, Sahrul Gunawan pun mengakui bahwa dalam menjual bisnis umrah yang ia miliki, dia menggunakan popularitasnya sebagai seorang artis.

"Ya semuanya dimanfaatkan, figur, saya juga disini sebagai ikon dan saat sosialisasi saya ikut memperkenalkan," kata Sahrul saat disambangi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Sahrul pun menyebut orang-orang di daerah cenderung lebih tertarik dengan sosok artis ketimbang masyarakat di perkotaan.

"Ya mungkin juga karena masih tertarik dengan keartisan saya," ujar bintang sinetron Jin dan Jun itu.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK