Ulasan Acara

VIXX 'Sejukkan' Penggemar dengan Kipas Tradisional di Jakarta

Resty Armenia, CNN Indonesia | Minggu, 30/07/2017 17:27 WIB
VIXX 'Sejukkan' Penggemar dengan Kipas Tradisional di Jakarta Boyband VIXX menggelar acara jumpa fan di Jakarta pada Sabtu (29/7). (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband asal Korea Selatan VIXX menggelar acara jumpa fan bertajuk ‘VIXX Fanmeeting Tour in Jakarta’ pada Sabtu (29/7) malam. Dalam kesempatan tersebut, grup besutan Jellyfish Entertainment itu tak hanya menampilkan barisan lagu hit, melainkan juga membagikan kipas tradisional hasil karya mereka kepada para penggemar.

Para Starlight—julukan penggemar VIXX—telah memadati The Hall Kasablanka, Jakarta Selatan sejak siang. Mereka tak sabar bertemu dan menyaksikan secara langsung aksi grup yang beranggotakan N, Leo, Ravi, Ken, Hongbin dan Hyuk itu.

Pada pukul 18.15 WIB, VIXX membuka acara dengan lagu upbeat yang berhasil membuat mereka lebih dikenal publik, On & On. Mereka melanjutkan penampilannya lewat tembang Hyde dan Eternity.


“Kami pernah ke sini pada 2013 untuk promosi, tapi kali ini akhirnya kami kembali ke sini untuk bertemu kalian semua. Berkat harapan kalian, maka terjadilah pertemuan ini,” ujar Ravi menyapa penggemarnya.
Para penggemar menikmati penampilan VIXX.Para penggemar menikmati penampilan VIXX. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Setelah berbincang sejenak dengan Starlight, VIXX kembali membawakan Dynamite dan B.O.D.Y.

Seraya rehat, keenam personel VIXX lantas duduk di kursi dan membuka sesi tanya-jawab yang pertanyaannya langsung diajukan oleh Starlight. Pertanyaan yang ditulis para penggemar di kertas warna-warni itu kemudian dipilih langsung oleh sang idola.

Pertanyaan yang dilayangkan kepada VIXX cukup beragam. Mulai arti N bagi Ravi, permintaan menyanyikan lagu Ed Sheeran yang berjudul Photograph kepada Hyuk, dan lain sebagainya. Keenam personel berhasil menjawabnya satu per satu.

VIXX kemudian menyanyikan lagu Someday dan Us Now, sebelum akhirnya melanjutkannya dengan lagu baru yang kini tengah dipromosikan Shangri-La dan Black Out.

“Kami akan membikin hadiah khusus untuk Starlight di Indonesia,” ujar N kelar membawakan Black Out.

“Album baru kali ini kan ada penampilan yang menggunakan kipas. Sedangkan di sini cuacanya panas, maka kami akan membikin kipas untuk kalian,” sahut Leo.

“Kipas-kipas ini akan kami bagikan kepada Anda,” kata Ravi seraya menunjukkan kipas tradisional berwarna putih polos.
Konsep album mini Shangri-La.Konsep album mini Shangri-La. (Foto: Dok. Jellyfish Entertainment)
Dalam penampilan tarian lagu Shangri-La, VIXX menggunakan pakaian dan kipas bernuansa tradisional. Konsep tarian itu disesuaikan dengan lagu yang memang kental dengan suara alat musik oriental. Tak hanya itu, sampul mini album itu juga dihias dengan karakter China.

Keenam pria tersebut lantas sibuk mencorat-coret kipas polos mereka masing-masing dengan spidol warna-warni. Mereka fokus menggambari kipas itu tanpa menghiraukan keringat yang tak henti menetes dari kepala dan tangan mereka.

Hyuk menggambar kipas itu dengan ‘—-w—‘ yang dikelilingi bintang-bintang berwarna kuning. Personel termuda dalam grup ini kemudian memberikan kipasnya kepada penggemar beruntung yang duduk di bangku VIP2 090.

“Gambar ini artinya saya yang sedang dikelilingi para Starlight. Pasti Anda semua ada di dalam sini. Lalu di belakang kipas ini ada tandatangan saya,” ujarnya.

Sementara Leo menggambar enam bintang yang mengitari tulisan ‘I Love Indonesia.’ Ia menyerahkan kipasnya kepada wanita yang duduk di kursi VIP2 168.

“Enam bintang ini adalah kami, VIXX. Dan kami cinta Indonesia,” kata vokalis utama boyband ini.

Ravi menulis nama aslinya, Kim Won Sik, dengan karakter China. Sang rapper lalu memberikan karyanya itu kepada penonton di kursi VIP1 244.

Hongbin menggambar apel. Ia mengaku kecewa dengan hasil gambarnya sendiri dan meminta maaf kepada penggemar yang harus menerima hasil karyanya itu.

“Ini saya menggambar apel, tapi sepertinya jelek sekali ya. Saya minta maaf bagi yang akan mendapatkannya. Ini sepertinya apel produk baru,” ujarnya. Ia kemudian memberikannya kepada fan yang menduduki kursi GA2 108.

N menggambar taburan bintang berwarna kuning dan hitam. Ia menjelaskan, enam bintang hitam merupakan VIXX, sedangkan bintang-bintang kuning yang mengelilinginya adalah para Starlight. Pria yang merupakan pentolan grup ini memberikan kipasnya kepada penonton di bangku VIP2 044.

Adapun Ken menulis ‘Indonesia Starlight babies.’ Tak lupa ia menggambar emoji jantung dan Spongebob yang tengah tertawa lebar.

“Aku cinta kamu. Saya biasanya suka menggambar Spongebob, makanya saya gambar di sini,” katanya. Ia pun menyerahkan karya itu kepada penggemar di kursi GA2 033.
Aksi Hongbin dalam acara jumpa fan di Jakarta.Aksi Hongbin dalam acara jumpa fan di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Grup yang pertama kali muncul pada 2012 ini pun melanjutkan acara dengan menampilkan tembang Fantasy dan Desperate. Mereka kemudian berpamitan kepada Starlight.

“Sudah waktunya kita harus berpisah. Saya juga sebenarnya tidak suka seperti ini, tapi keluarga kalian juga menunggu di rumah,” ujar Hyuk.

N pun menyahut, “Kita harus menyisihkan sedikit rasa kangen, agar kalau nanti bertemu lagi bisa lebih seru. Kami juga menyayangkan ini.”

“Kami sudah lama tidak ke sini. Tapi saya senang bisa menghabiskan waktu bersama kalian di sini. Kami juga menampilkan semua lagu baru, dari Shangri-La sampai Black Out telah kami tampilkan satu per satu. Sampai jumpa!” kata Ravi yang menutupnya dengan bahasa Indonesia.

“Terima kasih banyak sudah meramaikan acara ini. Walaupun sudah agak lama kami tidak ke sini, kalian tetap mencari dan meminta kami untuk datang ke sini. Kita pasti akan bertemu lagi. Terima kasih,” ucap Hongbin.

Leo menuturkan, “Karena Anda semua kami bisa diundang untuk datang lagi ke sini, kami bahagia. Kami akan berupaya agar bisa cepat-cepat kembali ke sini. Terima kasih.”

“Selama tur ini, saya merasakan sesuatu. Saya merasa benar-benar ada dukungan dari Starlight. Dan saya senang sekali karena kami percaya bahwa Starlight selalu selamanya ada di sini. Ke depan kita akan selalu bersama. Cinta kamu!” ujar N yang juga mencoba berbahasa Indonesia.

“Saya senang telah bersama Starlight di sini. Walau cuaca panas, jangan sering sakit. Jangan terkena AC terus ya. Kami akan segera ke sini lagi. Tetap memberikan dukungan dan cinta kepada kami. Aku cinta kamu!” kata Ken yang semakin mahir melotarkan kalimat bahasa Indonesia.

Hyuk menambahkan, “Terima kasih walau dari jauh, dari media sosial, kalian tetap memberikan dukungan kepada kami. Mohon maaf karena kami agak terlambat datang ke sini. Meski banyak yang sudah memberikan dukungan secara online. Terima kasih sudah memberi kesempatan kami untuk tampil di sini. Sekali lagi terima kasih banyak. Meski kita jauh, hati kita tidak jauh kan?”
Penampilan VIXX dalam acara jumpa fan.Penampilan Ravi dalam acara jumpa fan di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
VIXX menutup penampilannya dengan tiga tembang hit berturut-turut, yakni Love Me Do, Chained Up dan Voodoo Doll.

Setelah Voodoo Doll dibawakan, lampu-lampu di panggung tak langsung padam. Para penonton pun memanggil-manggil nama personel VIXX dan menyampaikan rasa cintanya dengan berkali-kali meneriakkan kalimat, “Saranghae!”

Mendengar hal itu, keenam personel VIXX kembali ke panggung dan meminta penonton agar merapat ke depan. Mereka lantas benar-benar menutup acara dengan menyanyikan lagu riang Heaven dan Love Equation.
Starlight, para penggemar boyband VIXX, tengah mengantre untuk masuk ke area acara jumpa fan.Starlight, para penggemar boyband VIXX, tengah mengantre untuk masuk ke area acara jumpa fan. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)