FOTO: Melihat Indonesia dari Lukisan Koleksi Istana Presiden

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Selasa, 01/08/2017 06:06 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia menunjukkan kembali puluhan lukisan yang selama ini tersimpan rapat di Istana-istana Kepresidenan.

Kementerian Sekretariat Negara kembali mengadakan pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan yang dilangsungkan pada 2 hingga 30 Agustus 2017 di Galeri Nasional, Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Lukisan Njai Roro Kidul karya Basoeki Abdullah adalah salah satu dari 28 lukisan karya 21 pelukis yang dipajang di Geleri Nasional. Karya-karya mereka selama ini tersimpan rapat di Istana-istana Kepresidenan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Mengambil tema Senandung Ibu Pertiwi, lukisan-lukisan ini terpajang dalam beberapa tema kecil yang menggambarkan keelokan alam dan budaya Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Salah satu tema tersebut adalah dinamika keseharian masyarakat Indonesia yang digambarkan oleh lukisan Lelang Ikan karya Itji Tarmizi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tema lainnya adalah keragaman alam nusantara, seperti yang digambarkan oleh lukisan Jalan di Tepi Sawah karya S Soejono (kiri) dan Gelombang Laut karya Wilhelmus Jean (kanan). (CNNIndonesia/Safir Makki)
Lukisan Wen Peor berjudul Terang Bulan di Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional, Jakarta, Senin, 31 Juli 2017 juga menggambarkan keindahan dan daya tarik kepulauan Nusantara. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Lukisan karya Ries Mulder, Pendjual Ayam menjadi salah satu yang dapat disaksikan di Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional, Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Lukisan Menggaru Sawah di Jawa karya Romualdo Locatelli di Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan RI menggambarkan salah satu kegiatan sehari-hari masyarakat pertanian yang menjadi bagian sejarah Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dalam pameran yang diadakan sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Bulan Kemerdekaan RI ke-72 ini, lukisan yang dipajang dibuat antara abad ke-19 dan 20. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Lukisan Theo Meier berjudul Tari Redjang di Pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi jadi salah satu bukti tingginya kualitas seniman Indonesia di masa lampau. (CNNIndonesia/Safir Makki)