Petualangan Sherina Hidup Kembali dalam Drama Musikal

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 03/08/2017 20:28 WIB
Petualangan Sherina Hidup Kembali dalam Drama Musikal Musikal Petualangan Sherina ini melibatkan 55 pemeran, 23 musisi, 51 kru, dan 19 orang tim kreatif. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Petualangan Sherina yang melejit di tahun 2000, kini diadaptasi ke panggung teater. Kisah cilik Sherina dan Sadam itu akan diangkat kembali dalam tajuk Musikal Petualangan Sherina.

Lantunan lagu-lagu hit seperti Jagoan, Lihatlah Lebih Dekat dan Bintang-Bintang yang kerap diputar ulang ditelevisi itu akan hadir dalam seni pertunjukan.

Film karya Miles Film ini akan digarap ulang oleh kelompok pemuda yang mendalami seni pertunjukan, Jakarta Movement of Inspiration (JKT Move In).


Pendiri JKT Move In Nurul Susantono mengaku ingin menghidupkan kembali Petualangan Sherina sejak 2014. Namun, baru pada pertengahan 2016, ia bersama tim memberanikan diri mengutarakan ide kepada pencipta Petualangan Sherina, Mira Lesmana dan Riri Riza.

"Idenya disambut hangat tapi kami justru ditantang diminta membuat versi panggung untuk dilihat terlebih dahulu, kirim proposal dan rencana produksi," kata Nurul saat konferensi pers Musikal Petualangan Sherina di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Kamis (3/8).
Rencana versi musikal itu baru disetujui Mira dan Riri pada Desember 2016. Duo sineas itu juga sudah lebih dulu meminta izin kepada Triawan Munaf (saat ini Kepala Badan Ekonomi Kreatif) dan Sherina Munaf sebagai salah satu orang penting dalam Petualangan Sherina.

"Apa yang membuat kami memberi izin (mengadaptasi Petualangan Sherina) adalah anak muda ini begitu serius mendalami seni panggung. Perjuangan mereka yang gigih, semangat dan passionate itulah akhirnya membuat kami yakin," kata Mira yang juga hadir dalam kesempatan yang sama.

Pemeran Musikan Petualangan Sherina bersama Derbi Romero.Pemeran Musikan Petualangan Sherina bersama Derbi Romero. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Mira dan Riri yang mengaku tidak mendapatkan kredit dari drama musikal ini memberikan kebebasan kepada JKT Move In untuk mengembangkan Petualangan Sherina.

Sejak mendapat izin, termasuk dari keluarga Almarhum Elfa Cesario sebagai penanggung jawab musik tim produksi JKT Move In langsung bergerak cepat.

Nurul yang juga merupakan sutradara merangkap produser langsung merombak naskah film untuk dijadikan drama musikal.

Dia mengaku mendapat kesulitan lantaran di dalam film banyak adegan yang terjadi secara paralel dalam waktu yang bersamaan. Nurul lantas mengatur ulang kejadian tanpa mengubah jalan ceritanya Petualangan Sherina.
"Jalan ceritanya sama, tapi mungkin ada detail kecil di musikalnya ada di film tidak atau sebaliknya. Ada juga karakter yang diperkuat signifikansi perannya," tutur Nurul.

Misalnya, tokoh Upai yang berubah nama menjadi Ubaidillah di dalam Musikal Petualangan Sherina.

Film yang berlatar tahun 2000 itu kini dibuat versi tahun 2017 agar lebih segar dan dekat dengan masyarakat. Beberapa cameo seperti ojek online juga ikut tampil dipertunjukan ini.

Nantinya, Musikal Petualangan Sherina ini melibatkan 55 pemeran, 23 musisi, 51 kru, dan 19 orang tim kreatif. Orang-orang itu diaudis dari lebih 2600 orang melalui Instagram. Caicilia Laura dan Maisha Kanna terpilih sebagai pemeran Sherina.
Para pemain itu yang rata-rata masih cilik itu sudah mulai latihan sejak awal Maret lalu. Mereka menjalani beragam latiham mulai dari seni peran, olah vokal, hingga menari.

Derby Romero pemeran Sadam dan juga Chelsea Islan ditunjuk menjadi mentor untuk berakting.

Menambah lagu

Demi memperkuat unsur musikal, tim produksi menambah beberapa lagu. Personel HiVi Ezra Mandira didapuk menjadi produser musik. Dia sudah mulai meracik musik untuk Musikal Petualangan Sherina sejak awal tahun ini.

Dari sembilan lagu original, versi musikal ini menambah tujuh lagu baru sehingga total ada 16 lagu yang bakal dinyanyikan dalam Musikal Petualangan Sherina. Salah satu lagu baru itu bertajuk Kebun.

"Lagu itu didapat dari skoring Elfa Cesario dan liriknya terinspirasi dari percakapan-percakan dalam film," kata Ezra.

Ezra mengaku saat ini sudah menyelesaikan rekaman dan ditargetkan selesai pada akhir Agustus ini. Nantinya akan terdapat CD khusus soundtrack Musikal Petualangan Serina yang berisi 16 lagu. Album itu hanya dicetak seribu kopi dan dijual saat pertunjukan saja.

Ezra menyebut khusus lagu Persahabatan dan Kebun saat ini sudah tersedia di layanan musik streaming.

Musikan Petualangan Sherina akan tampil di Taman Ismail Marzuki pada 15-17 September mendatang. Tiket pertujukan sudah mulai dijual mulai dari Rp300 ribu hingga Rp600 ribu. Sejauh ini, 80 persen tiket sudah terjual. (stu)