Investigasi Ungkap Detail Tewasnya Stuntwoman 'Deadpool 2'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 21/08/2017 06:55 WIB
Investigasi Ungkap Detail Tewasnya Stuntwoman 'Deadpool 2' Joi 'SJ' Harris, stuntwoman Deadpool yang meninggal dunia di lokasi syuting. (Screenshoot via Instagram/@sj24_sidewayz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Investigasi sementara atas tragedi yang menewaskan salah satu pemain pengganti bernama Joi ‘SJ’ Harris di lokasi syuting Deadpool 2 pada pekan lalu, telah terungkap.

Laporan investigasi dari WorkSafeBC, versi British Columbia Kanada dari Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Amerika, menyebutkan bahwa mereka menemukan “sebuah lokasi syuting sementara dibuat oleh tim produksi untuk suatu adegan film.”

Departemen kepolisian Vancouver sendiri yang menjaga lokasi itu dari publik maupun kemacetan. Di lokasi itulah Harris telah berlatih bolak-balik mengendarai motornya.



Motor itu sendiri berjenis Dictate 939 Hyperstrada.

Dengan motor itu, sang mantan pebalap melewati gedung berpintu terbuka, melintasi alas keras dan menuruni jalur landai yang telah dibuat melampaui tiga tangga dan berhenti.

“Selama syuting pertama adegan itu, sang pemain pengganti lanjut mengendarai motornya melampaui batas di mana ia seharusnya berhenti dan terus turun di jalur landai kedua yang dibangun di bawah tangga dan melintasi jalanan,” demikian laporan itu melanjutkan.


Di sana lah tragedi terjadi. “Motor itu menabrak sisi pinggir jalan yang keras, sang pekerja terlempar dari motor dan terdorong ke gedung dengan jendela kaca,” lanjutnya.

Laporan WorkSafeBC akan mengungkapkan detail kecelakaan lebih lanjut setelah investigasi selesai. Di sisi lain, seorang sumber dekat produksi mengatakan pada Deadline bahwa insiden yang menewaskan Harris tidak berhubungan dengan kecepatan motor yang ia kendarai.

Sebab, katanya, kecepatan motor itu sama sekali tidak tinggi.

[Gambas:Video CNN]

Mengutip Ace Showbiz, sumber itu menyebut bahwa motor yang dikendarai Harris, pemain pengganti Domino yang tewas dalam tragedi itu, tidak pernah melebihi 5 kilometer per jam.

Ia juga menyebut kecelakaan terjadi di unit ke-dua fotografi setelah Harris menyelesaikan lima kali pengambilan gambar di sekuel Deadpool yang masih dibintangi Ryan Reynolds itu.

Setelah pengambilan gambar ke-enam, barulah motornya menabrak sisi jalan.


“Dalam manuvernya, yang mana tidak pernah lebih dari 15 kilometer per jam, dia berkendara di atas permukaan datar melalui dua pintu terbuka lalu belok kiri dan ‘keluar’ dari kamera,” tutur sumber itu. Seperti laporan WorkSafeBC, ia melewati batas setopnya.

“Jalur keluarnya adalah jalur landai aman di mana motornya seharusnya berhenti. Tapi dia melebihi platform itu, menabrak sisi jalan, dan terlempar dari motor ke jendela kaca.”

Yang membuat parah, Harris tidak mengenakan helm.


Kecelakaan itu membuat Deadpool 2 sempat menunda produksi, namun kini sudah dilanjutkan kembali. Semua kru dan pemain berduka, termasuk Reynolds yang juga menjadi produser.

Deadpool 2 merupakan kali pertama Harris mengambil pekerjaan sebagai pemain pengganti. Sumber Deadline menolak ketika disebut Harris tidak berkualifikasi dalam pekerjaannya, dan hanya direkrut karena ia berkulit berwarna, pas dengan yang ia gantikan, Zazie Beetz.

“Dia adalah kandidat terbaik di pekerjaan ini,” ujar sumber.

Deadpool 2 yang melanjutkan film yang dibintangi Ryan Reynolds, sempat tertunda karena tragedi maut di lokasi syuting.Deadpool 2 yang melanjutkan film yang dibintangi Ryan Reynolds, sempat tertunda karena tragedi maut di lokasi syuting. (Dok. Marvel)