'Reputation' Taylor Swift Tak Berkaitan dengan Ibu Kanye West

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Minggu, 27/08/2017 15:29 WIB
'Reputation' Taylor Swift Tak Berkaitan dengan Ibu Kanye West Taylor Swift merilis Reputation berbarengan dengan peringatan 10 tahun kematian ibunda Kanye West. (Screenshoot via Instagram/@taylorswift)
Jakarta, CNN Indonesia -- Taylor Swift seperti ‘menabuh genderang perang’ dengan Kanye West saat merilis lagu baru berjudul Look What You Made Me Do pada Jumat (25/8). Sebagian liriknya jelas menyindir Kanye, yang sudah lama berkonflik dengannya, terutama sejak merilis Famous.

Lambang ularnya pun demikian.

Ditambah lagi, itu merupakan lagu pertama dari album teranyar Swift, Reputation. Jadwal keluarnya album ke-enam yang akan dirilis 10 November mendatang itu dikabarkan bersamaan dengan peringatan tahun ke-10 kematian ibunda Kanye, Donda West.



Donda meninggal pada 10 November 2007, setelah mengalami komplikasi akibat operasi kecantikan yang gagal. Spekulasi itu pun beredar luas di kalangan penggemar.

Namun label rekaman yang menaungi Swift memastikan bahwa kesamaan tanggal itu hanya kebetulan semata. Tanggal 10 November memang hari Jumat, waktu standar bagi para musisi untuk merilis musik baru. “Tidak ada kaitannya,” kata mereka, dikutip NME dan Ace Showbiz.

Kalau itu tak berkaitan, penggemar masih punya spekulasi lain soal hubungan album Swift dan Kanye. Menurut mereka, jenis huruf yang digunakan di sampul Reputation mirip dengan album The Life of Saint Pablo milik Kanye. Konflik mereka memang berakar jauh.



Berkaitan atau tidak, Kanye sudah terlanjur berang dengan lagu baru Swift yang menyindirnya. Itu disampaikan salah satu sumber dekat Kanye kepada Hollywood Life.

“Kanye hidup dalam dunia musik dan tak mau seorang pun melawannya dan lagu ini jelas akan dibalas. Taylor belum mendengar saja kemarahan terakhir Kanye,” ujar sumber itu.

Konflik Swift dan Kanye yang meruncing setelah lagu Famous diluncurkan, sejatinya bermula dari ajang MTV Video Music Awards 2009. Kanye memotong pidato Swift yang saat itu menang. Mereka sempat berbaikan, namun kembali berkonflik saat Famous dirilis.


Konflik yang terakhir bahkan melibatkan istri Kanye, Kim Kardashian.