5 Aksi Heboh yang Pernah Ada di Panggung MTV VMA

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 28/08/2017 15:17 WIB
5 Aksi Heboh yang Pernah Ada di Panggung MTV VMA Acara MTV Video Music Awards alias VMA selalu menjadi panggung bagi musisi yang ingin promosi, namun tak jarang jadi tempat untuk cari sensasi. (REUTERS/Danny Moloshok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelaran acara MTV Video Music Awards atau VMA selalu menjadi bahan pemberitaan, baik jelang, saat, maupun usai acara. Kebanyakan dari pemberitaan tersebut adalah momen heboh yang terjadi selama penyelenggaraan VMA.

Sejak diadakan pertama kali 14 September 1984, acara yang digelar oleh saluran musik MTV ini juga menjadi ajang unjuk gigi para penyanyi mendapatkan sorotan publik, baik dengan promosi karya baru, atau sekadar mencari sensasi.

Dari banyak momen yang terjadi, beberapa mungkin tidak dapat terlupakan, bahkan masih digunjingkan hingga saat ini.



Interupsi Kanye West di Pidato Taylor Swift (2009)

Momen yang terjadi delapan tahun lalu inilah yang menjadi awal mula drama tak kunjung usai antara Taylor Swift dan Kanye West.

Kala itu, Swift yang masih ‘polos’ berhasil memenangkan kategori Best Female Video dengan You Belong With Me. Ia mengalahkan video dari Beyonce, Single Ladies.

Di saat Taylor tengah berpidato, Kanye tiba-tiba merebut mikrofon yang dipegang penyanyi asal Nashville itu dan berkata:

“Taylor, saya amat bahagia dengan kemenangan mu, dan saya akan membiarkan kamu menyelesaikan (pidato) ini.. tapi, Beyonce adalah pemenang video terbaik sepanjang masa,” kata West.

[Gambas:Youtube]

Aksi West disoraki penonton. Dan ketika Beyonce memenangkan Video of the Year, ia mengundang Swift ke atas panggung untuk menyelesaikan pidato yang tertunda.

[Gambas:Instagram]

Britney Spears jadi ‘Dewi Ular’ (2001)

Britney Spears tampil heboh ketika mengisi acara VMA pada 2001 silam. Kala itu, ia sudah menjadi super star dan bertransformasi dari bintang remaja menjadi penyanyi wanita yang kerap tampil seksi di lagunya.

Saat membawakan lagu I’m a Slave 4 U, Britney tanpa ragu membawa seekor ular piton asal Myanmar. Mantan Justin Timberlake itu pun melanjutkan lagu sembari dililit binatang kuning melata itu.

[Gambas:Youtube]

Tapi tahun lalu dalam sebuah wawancara, Britney mengaku ‘khilaf’ dan tidak mau melakukan pertunjukkan seperti itu lagi.

Kostum daging Lady Gaga (2010)

Lady Gaga kala itu menjadi sorotan karena penampilannya yang unik, begitu pula ketika ajang VMA pada 2010. Bila yang lain datang dengan baju desainer, Gaga datang dengan baju yang terbuat dari daging mentah.

Baju yang disebut oleh media Hollywood sebagai ‘meat dress’ itu dirancang oleh Franc Fernandez dan dipadu-padan oleh Nicola Formichetti.

[Gambas:Instagram]

Meski terkesan amat aneh, namun baju tersebut mendapat penghargaan sebagai ‘Top Fashion Statement’ di tahun tersebut.

Ciuman Madonna dan Britney Spears (2003)

Entah apa yang dirancang Queen dan Princess of Pop ketika mereka tampil di panggung VMA pada 2003. Saat menyanyikan lagu 'Hollywood' duet bersama Britney dan Christina Aguilera, Madonna tiba-tiba mencium Spears tepat di bibir dan melanjutkannya ke Aguilera.

Adegan yang berlangsung cepat tersebut membuat heboh penonton, baik di lokasi maupun di dunia. Ciuman itu menjadi pergunjingan, hingga kini.

[Gambas:Instagram]

Dalam sebuah wawancara dengan Billboard pada 2014, manajer Spears Larry Rudolph mengatakan bahwa Madonna tampaknya telah merancang aksi itu, dan memastikan tidak ada kegagalan.

“Madonna sangat tegas ketika berlatih dengan Spears,” kata Rudolph.

“Ketika penampilan sudah usai dan dunia meledak karena ciuman itu, Madonna melingkarkan tangannya ke saya dan mencium saya. Ia berkata: Anda lihat Larry, semua aksi itu sepadan,”


Twerking Miley Cyrus (2013)

Sebelum kembali menjadi anak manis seperti saat ini, Miley Cyrus pernah tampil binal saat jadi penampil di VMA pada 2013. Kala itu, ia hanya mengenakan bikini dari lateks dan berwarna kulit.

Usai menyanyikan We Can’t Stop dengan bermain-main bersama boneka Teddy raksasa, muncul Robin Thicke dari balik panggung dan mulai menyanyikan Blurred Lines.

Entah apa yang merasuki Miley, sembari duet dengan Thicke, ia tampil terus menggoda ayah satu anak tersebut. Tiba-tiba, adegan twerking nan sensual itu pun terjadi di hadapan penonton dan kamera.

[Gambas:Instagram]

Selang usainya acara tersebut, Miley menyebut bahwa ia menginginkan membuat sesuatu yang bersejarah dari penampilannya. Ia pun sempat dikecam karena penampilan seronok tersebut.

Namun dalam wawancara dengan Billboard pada Mei lalu, Cyrus tampaknya menyesal pernah melakukan adegan tersebut.

"Dude, saya terkejut sekali ketika orang heboh dengan twerking (saat 2013 lalu) dan the teddy bear. Sekarang, ini benar-benar berbeda. Dan saya tidak memikirkan akan membuat ketakutan orang-orang kembali," kata Miley.

[Gambas:Instagram]