Ebiet G Ade Bakal Gelar Konser untuk Indonesia Damai

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 20:37 WIB
Ebiet G Ade Bakal Gelar Konser untuk Indonesia Damai Ebiet G Ade akan menyelenggarakan konser yang didedikasikan untuk kedamaian Indonesia yang diuji berbagai masalah dalam beberapa waktu terakhir. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rindu penggemar musisi legendaris Ebiet G Ade bakal segera terobati. Pelantun tembang balada itu akan menghelat konser bertajuk Pagelaran Musik Puisi Ebiet G Ade: Renungan Cinta untuk Indonesia Damai di Taman Ismail Marzuki, 6 September mendatang.

Pagelaran pelantun Titip Rindu Buat Ayah itu mengusung konsep musikasilasi puisi yang sederhana.

Ebiet mengaku tak akan menyuguhkan penampilan atraktif melainkan lantunan lagu yang sarat emosi. Seperti ciri khasnya selama ini, Ebiet bakal bersenandung dengan tenang sambil duduk memetik gitar.



"Saya bukan penampil yang atraktif, bukan penyanyi yang bisa menampilkan tontonan yang dinamis, tapi saya hanya duduk pakai gitar. Saya ingin menampilkan diri saya seutuhnya," tutur Ebiet saat konferensi pers pers di Jakarta, Selasa (29/8).

Konser Renungan Cinta untuk Indonesia Damai disebut berangkat dari banyaknya permasalahan yang muncul belakangan ini di Tanah Air.

Lewat lirik lagu Ebiet G Ade yang banyak bertema sosial dan kemanusiaan, promotor ingin menyampaikan pesan kedamaian lewat cinta.

[Gambas:Youtube]

"Kami mencoba mengambil suatu tema yang relevan karena belakangan banyak gesekan. Kami percaya semuanya bisa diselesaikan dengan cinta," kata penyelenggara acara Indonesia Music Network (IMN) Evita B Supriyanto

Nantinya Ebiet bakal berdendang sekitar dua jam membawakan lagu-lagu hit dari album debut Camelia I pada 1979 hingga yang teranyar Serenade pada 2014. 

Saking banyaknya karya legendaris, pria 63 tahun itu mengaku kebingungan memilih lagu yang tepat agar bisa menyajikan pertunjukan yang klimaks.


"Saya kesulitan membatasi keinginan saya menyanyikan banyak lagu, bingung milih lagu hit, milih mana puncaknya. Saya sedang berusaha mencari fomulasi yang paling ideal," ucap Ebiet.

Kendati demikian, Ebiet menjanjikan akan membawakan lagu-lagu dengan tema yang beragam dari 22 album yang sudah dirilisnya.

Dalam gelaran ini Ebiet juga menggandeng tokoh masyarakat Mustofa Bisri atau yang lebih dikenal dengan Gus Mus. Gus Mus akan membawakan puisi di tengah-tengah konser Ebiet.

Ebiet memang terkenal memiliki lirik lagu serupa puisi yang bertema alam, sosial, kemanusiaan, religi. Karya Ebiet sampai saat ini masih kerap dinyanyikan seperti Berita kepada Kawan, Elegi Esok Pagi dan Kupu-Kupu Kertas.

Dalam konsernya, Ebiet G Ade akan membawakan penampilan yang kalem, duduk dan bermain gitar.Dalam konsernya, Ebiet G Ade akan membawakan penampilan yang kalem, duduk dan bermain gitar. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Direktur Kreatif konser tersebut, Oleg Sancha mengakui karakter Ebiet yang kalem saat tampil menjadi tantangan terbaru baginya.

"Ini sesuatu yang beda yang pernah saya buat. Karena dari awal sampai akhir itu duduk dan ini tidaklah mudah. Saya memvisualkannya dengan multimedia, teknologi, dan pencahayaan," tutur Oleg yang pernah menangani NOAH, Anggun, dan Glenn Fredly itu.

Sentuhan teknologi bakal diberikan agar tampilan Ebiet lebih dramatis.

Sekitar 1.100 tiket konser Ebiet G Ade sudah bisa didapatkan dari laman resmi promotor. Harga tiket dijual mulai dari Rp180 ribu hingga yang termahal kelas VVIP Rp675 ribu belum termasuk pajak.