Raisa & Hamish Belajar Soal Seks di Prosesi Ngeuyeuk Seureuh

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Rabu, 30/08/2017 16:50 WIB
Raisa & Hamish Belajar Soal Seks di Prosesi Ngeuyeuk Seureuh Menurut akademisi, prosesi adat Ngeuyeuk Seureuh yang dijalani Raisa dan Hamish sebelum menikah akan membekali keduanya soal hidup berumah tangga. (Screenshoot via Instagram/@hamishdw)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan Raisa Andriana dan Hamish Daud telah melakukan serangkaian prosesi menjelang hari H pernikahan. Mereka mengikuti prosesi mulai dari pengajian, hingga adat Sunda seperti siraman dan Ngeuyeuk Seureuh.

Ngeuyeuk Seureuh yang kerap dilakukan oleh calon pengantin Sunda ini bermakna nasihat berumah tangga, termasuk soal seksual.

"Jadi Ngeuyeuk Seureuh itu berisi proses pembelajaran sebelum menikah, semua simbol hubungan suami istri diterangkan. Di situ, ada pelajaran seksual sebelum menikah," kata Mamat Ruhimat, pengajar Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/8).


"Dijelasinnya sambil ketawa-ketawa supaya pengantin mengerti," lanjut Mamat.


Mamat menjelaskan, kegiatan adat Ngeuyeuk Seureuh biasanya digelar malam hari setelah melaksanan salat Isya di rumah calon pengantin perempuan.

Kedua calon pengantin dihadirkan di sebuah ruangan besar dan duduk saling berhadapan.

Mereka dibatasi oleh gundukan berbagai perabotan rumah tangga, termasuk peralatan dapur, hasil ladang atau pertanian, hingga sejumlah tenun yang melambangkan sandang. Gundukan itu kemudian ditutup oleh sehelai kain.

Raisa dan Hamish akan menjalani pernikahan pada Minggu (3/9).Raisa dan Hamish akan menjalani pernikahan pada Minggu (3/9). (Screenshoot via Instagram/@raisa6690)

Dari gambar yang banyak beredar di media sosial, Raisa-Hamish tampak mengikuti prosesi Ngeuyeuk Seureuh dengan bahagia.

Raisa yang mengenakan kebaya tengah duduk berhadapan dengan Hamish sambil memegang kain sarung.

Di bawahnya tampak beberapa hasil pertanian seperti padi dan sirih serta perabotan dapur. Barang-barang itu memiliki berbagai makna yang berkaitan dengan rumah tangga.

[Gambas:Instagram]

Mamat mengatakan setiap calon mempelai nantinya akan diminta untuk mengambil barang-barang di bawah kain tersebut.

Pemandu prosesi adat akan menjelaskan makna dari barang rumah tangga tersebut. Dalam acara yang dijalani oleh Raisa dan Hamish, Lien Herlina diketahui memandu dua insan yang akan menjadi suami dan istri itu.

"Nanti diterangkan oleh ahli adat tentang masing-masing simbol itu. Sambil ketawa-ketawa karena agak porno. Ada alu yang melambangkan alat kelamin laki-laki, ada lumpang sebagai perumpamaan alat kelamin perempuan, ada juga tentang pekerjaan," tutur Mamat.


Menurut Mamat, Ngeuyeuk Seureuh akan berjalan hangat dan penuh canda juga tawa agar nasihat dan pesan rumah tangga dapat tersampaikan dengan baik.

[Gambas:Instagram]

Biasanya Ngeuyeuk Seureuh berlangsung sehari sebelum akad nikah. Namun, kabar yang beredar akad nikah Raisa-Hamish baru akan dilaksanakan pada hari Minggu mendatang (3/8).

Menurut Maman, waktu pelaksanaan itu tak harus dipermasalahkan karena dapat disesuaikan dengan situasi calon mempelai.

"Tidak apa-apa juga. Mungkin biar tidak capek. Kan adat tidak mengikat juga, tidak diadakan juga tidak apa-apa," ujar Mamat.